Tamita Wibisono
Tamita Wibisono Mohon Tunggu... Freelancer - Creativepreuner

Perangkai Kata, Penikmat Citarasa Kuliner dan Pejalan Semesta. Pecinta Budaya melalui bincang hangat, senyum sapa ramah dan jabat erat antar sesama

Semalam Bersama Kartika Dewi Yogyakarta, Cerita Keberuntungan Perjalanan

31 Maret 2020   22:04 Diperbarui: 31 Maret 2020   22:10 246
Dok.pri, restroom kamar Cordella Kartika Dewi Yogyakarta

Hampir sebulan lalu saya merencanakan perjalanan menuju Yogyakarta.  Menentukan tanggal keberangkatan dengan memesan tiket moda transportasi kereta api adalah langkah awal yang saya lakukan. Ibarat alarm waktu, memesan tiket jauh-jauh hari merupakan pengamanan sekaligus tanda jadi akan dimulainya sebuah perjalanan. Langkah kecil ini juga akan membantu kita dalam menghemat biaya tiket. Setidaknya dengan melakukan pemesanan via aplikasi online, maka ketersediaan jenis kereta dengan variasi harga sesuai budget pun masih tersedia.

Saya memilih jam keberangkatan kereta pada pukul 22.30 WIB.  Jam keberangkatan juga akan berpengaruh dalam perjalanan yang akan kita lakukan lho. Bagi pejalan yang masih bekerja kantoran, memilih jadwal keberangkatan paling malam, jelas tidak akan mengganggu aktifitas kerja. Bagi saya, perjalanan malam bisa digunakan untuk beristirahat/tidur selama perjalanan. Sesampainya di tujuan, badan bugar dan siap untuk menikmati agenda perjalanan berikutnya.

Terkadang, butuh keberuntungan tersendiri dalam menempuh perjalanan. Aneka keberuntungan itu bisa dicari atau bisa juga menyertai secara alami. Teman perjalanan yang menyenangkan, dapat tumpangan kendaraan gratis saat tersesat di kota tujuan yang tidak kita kuasai ruang sosialnya, mendapat jamuan makan dari tuan rumah saat kita menginap di rumah penduduk merupakan keberuntungan yang tentu pernah dirasakan oleh sekian banyak pejalan.

Namun, ada keberuntungan dalam bentuk lain yang ternyata bisa kita cari lho. Misalnya saja saat saya membaca informasi  di Kompasiana terkait jaringan hotel  dibawah Omega management. Penulusuran beberapa brand hotel yang memberi pelayanan  sejak tahun 2013 itu pun saya lakukan.

Dok.pri
Adalah Kartika Dewi Cordella Yogyakarta, sebuah nama yang cukup membuat saya jatuh hati ketika mengeja nama yang cukup feminim itu. Letaknya sangat strategis di bilangan jl Bhayangkara Ngupasan. Ah ini sih tak jauh dari Gedung Agung,titik, nol kilometer, Benteng Van der Burg, Pasar Sore Malioboro, Pasar Beringharjo dan selemparan pandang saja menuju Malioboro. Bahkan berjalan kaki menuju kawasan wisata budaya berupa Keraton, Alun-alun Lor, museum Sono Budoyo pun bisa.

Seindah nama salah satu hotel dibawah omega management yang menjadi pilihan saya untuk menginap di Yogyakarta, seberuntung saya yang  menelusur informasi hingga keberuntungan pun bisa saya cari.

Tanggalkan 20 Maret 2020 menjadi tanggal perjalanan penuh keberuntungan, karena saya mendapat harga istimewa. Cukup dengan menyiapkan budget menginap sebesar Rp 202.000 (sudah termasuk sarapan pagi untuk 2 orang), saya pun merasa senang,tenang dan nyaman bisa mendapat layanan istimewa semalam di Kartika Dewi -Cordella Yogyakarta.

Cerita tentang perjalanan di tanggal istimewa pun lagi-lagi penuh keberuntungan. Saat virus Corona tengah gencar menggejala, perjalanan ke kota Yogya tidak seperti biasa. Sedikit lengan, penuh penjagaan atas kebersihan dan nyaris kami mengurangi aktifitas diluaran. Bersyukur, karena sedari kedatangan awal managemen hotel Kartika Dewi memberlakukan prosedur keamanan demi kenyamanan dan kesehatan para tamu. Rekomendasi Hotel yang tak perlu diragukan lagi pelayanannya.

Check suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, mengisi kuesioner riwayat kesehatan, hingga jaminan bahwa kamar yang akan ditempati telah dibersihkan dengan menyeluruh seksama mengunakan disinfektan membuat saya dan suami merasa tenang dan nyaman.

Tak berlama-lama di lobby, kami pun diantar ke lantai 7 untuk beristirahat di kamar yang bersih, nyaman dengan sebuah jendela yang memperlihatkan suasana kota Yogyakarta yang cukup lengang.

Meski kami memilih berdiam di hotel saja,bukan berarti kami tidak bisa  menyantap kuliner bercita rasa istimewa. Hotel dibawah managemen Omega ini siap memanjakan lidah para tamu dengan aneka menu nikmat bercita rasa nusantara. Salah satunya adalah paket nasi rempah dan wedang ronde, dibandrol dengan harga Rp 45.000 saja. Masakan kaya rempah,dan minuman hangat tradisional dari air Jahe ini dirasa bisa menjaga daya tahan tubuh selama masa Corona.