Mohon tunggu...
Tamita Wibisono
Tamita Wibisono Mohon Tunggu... Creativepreuner

Here I am with all of my Destiny...perjalanan hidup itu ibarat bianglala kehidupan,tidak selamanya berada di satu titik. pergerakan antara kehidupan di bawah dengan diatas itu sungguh dinamis adanya...dan tiap ruang yang tercipta menjadi inspirasi untuk dijabarkan dalam untaian kata menjadi sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ketika Pak JK Bicara tentang Kesehatan di Forum Merdeka Barat 9

10 Oktober 2019   01:31 Diperbarui: 10 Oktober 2019   08:31 0 3 2 Mohon Tunggu...
Ketika Pak JK Bicara tentang Kesehatan di Forum Merdeka Barat 9
sumber dok FMB9

Kawasan Salemba Universitas Indonesia pada Jumat 4 Oktober 2019 lalu penuh dengan penjagaan aparat keamanan. Tentu bukan dalam rangka pengamanan demontrasi yang sempat marak , melainkan dalam rangka menyambut kedatangan Wakil Presiden RI, Bapak H.M Jusuf Kalla di  fakultas kedokteran Universitas Indonesia. 

Hadirnya pak JK terkesan memberi kejutan tersendiri bagi kalangan yang hadir. Bagaimana tidak, Pak JK yang selama ini lebih dikenal sebagai kalangan saudagar tak membuatnya membatasi diri menaruh perhatian dan kepedulian pada bidang kesehatan yang menjadi salah satu hajat hidup orang banyak.

Bertempat di Selasar lantai 1 gedung Aula IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Kampus Salemba digelar Peluncuraan Program PromosiuKesehatan dan Pencegahan penyakit menular. 

Acara yang terdiri dari dua sessi Talkshow sekaligus layanan cek kesehatan ini dihadiri oleh citivas akademika kedokteran, para pelaku bidang kesehatan, jurnalis, pemerhati kesehatan dan kalangan lain yang turut hadir meramaikan gelaran yang digawangi oleh Forum Merdeka Barat 9.

Tidak hanya di UI saja, dalam waktu yang bersamaan  turut diresmikan pula komunitas dan Kampus sehat antara lain di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo,- Jawa Tengah, Universitas Andalas - Padang - Sumatera Barat, Universitas Muhammadiyah Yogjakarta. 

Serta  diluncurkan pula percontohan  komunitas sehat berbasis masyarakat di daerah antara lain di Kabupaten Sidoarjo _ Jawa Timur, Kabupaten Musi Banyu Asin di Sumatera Selatan serta KOta Depok - Jawa Barat.

dok. FMB9 Narasumber kesehatan
dok. FMB9 Narasumber kesehatan
Salah satu program dalam komunitas dan kampus sehat ini adalah dibentuknya Posbindu yang merupakan wadah  intervensi kesehatan yang dibangun , dikelola dan dijalankan oleh masyarakat itu sendiri. Ini menjadi inisiatif murni dan sepenuhnya dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Salah satu kegiatan Posbindu adalah intervensi kesehatan dasar dan sederhana berupa observasi dan screening fisik. 

Terdiri dari pengukuran BMI ( Body mass Index)m pemeriksaan darah sewaktu baik itu tekanan darah atau yang sering dikenal dengan istilah awan tensi, cek gula darah, kolestertol, lingkar perut.

Hal ini merupakan langkap dan upaya pencegahan dasar agar masyarakat menjadi sadar akan kesehatan. Secara otomatis ini akan mendukung program pencegahan penyakit tidak menular. 

Hadir beberapa  narasumber bidang kesehatan diantaranya Ibu dr  Cut Putri Arianie selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak Menular; Bapak Prof. Pradana Soewondo selaku ketua umum Endokrinologi Indonesia (Perkeni).

Hadirnya Pak Jk memberi nuansa yang berbeda. Ditengah healthy talk yang sedang  berlangsung, JK pun "ditodong" oleh beberapa pertanyaan dari peserta yang hadir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x