Mohon tunggu...
Tamita Wibisono
Tamita Wibisono Mohon Tunggu... Creativepreuner

Here I am with all of my Destiny...perjalanan hidup itu ibarat bianglala kehidupan,tidak selamanya berada di satu titik. pergerakan antara kehidupan di bawah dengan diatas itu sungguh dinamis adanya...dan tiap ruang yang tercipta menjadi inspirasi untuk dijabarkan dalam untaian kata menjadi sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menjejak Langkah di Arosbaya Pulau Madura, Lebih dari Sekadar Wisata

8 Agustus 2019   23:55 Diperbarui: 9 Agustus 2019   00:20 134 7 2 Mohon Tunggu...
Menjejak Langkah di Arosbaya Pulau Madura, Lebih dari Sekadar Wisata
dok.pri salah satu view bukit kapur Pelalangan Arosbaya Madura

Tidak salah ketika  grup legendari Koes Plus menyanyikan sepenggal lagu  bahwa :

"Orang bilang tanah kita tanah surga"

"tongkat dan kayu bisa jadi tanaman"

Begitulah kiranya jika kita bercerita tentang keindahaan pulau yang dikenal sebagai surganya para Dewata di Bali sana orang tentu sudah sangat biasa. Lantas, bagaimana dengan pulau Madura yang selama ini dikenal sebagai pulau garam, ada tempat wisatanya juga? Pasti ada. Begitulah setahun lalu untuk kali pertama saya menginjakkan kaki di  pulau yang terletak di timur  laut Jawa Timur. Secara  wilayah, Pulau Madura masuk dalam  Propinsi Jawa Timur. Akses menuju ke pulau madura begitu mudah setelah dibangun jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dan Madura secara langsung.

dok.pri Jembatan Suramadu
dok.pri Jembatan Suramadu
dok/pri pemandangan dari atas kapal saat melintas selat madura
dok/pri pemandangan dari atas kapal saat melintas selat madura
Pulau Madura merupakan pulau kecil, luasnya lebih kecil dari Bali. Madura memiliki ciri khas masyarakat lokal dengan bahasa dan budaya yang unik dan menarik. Setiap tahunnya mereka menyelenggarakan tradisi karapan sapi, balap sapi dengan aneka hiasan yang dipasang pada sapi yang dilombakan.

Sayang saya sendiri belum sempat menyaksikan secara langsung ajang bergengsi yang berlangsung tiap tahun di akhir Agustus hingga awal September untuk babak penyisihan. Sementara babak final karapan Sapi biasanya berlangsung pada Minggu terakhir Oktober hingga Awal Oktober.

Dok.pri Penjual sate madura di Kawasan Stasiun Pasar Turi Surabaya
Dok.pri Penjual sate madura di Kawasan Stasiun Pasar Turi Surabaya
dok.Pri Sate Madura
dok.Pri Sate Madura
Selain Karapan Sapi, kuliner sate madura, Soto  dan olahan bebek madura juga menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik wisata untuk mencicip rasa autentik di tempat asalnya.

Maklum, sate, soto  dan bebek Madura begitu mudah dijumpai di banyak tempat karena masyarakat Madura yang terkenal gemar merantau. Logat dan nada bicara masyarakat Madura pun menjadi ciri khas tersendiri selama ini dengan bahasa yang berbeda dengan bahasa Jawa pada kebanyakan.

Wilayah Madura terbagi menjadi empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Nah , Wisata Arosbaya yang sempat saya kunjungi terletak di Bangkalan. Tak sulit untuk menuju ke kawasan yang merupakan bukit bekas penambangan batu kabur.

Bukit ini dikenal juga dengan nama bukit Pelalangan. Letaknya tak jauh dari wisata religi Aermata yakni lokasi mata air sekaligus  makam istri raja Madura  Cakraningrat 1

dok.pri
dok.pri
Tidak sulit untuk menuju lokasi ini. dari Bandara Juanda, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat melintas jembatan suramadu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x