Mohon tunggu...
Tami Nur Herawati
Tami Nur Herawati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Statistika Universitas Padjadjaran

Mahasiswa Statistika Universitas Padjadjaran

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Cerdas Intelektual, Emosional dan Spiritual sebagai Bentuk Meneladani Sifat Fathonah Rosul

12 April 2022   06:30 Diperbarui: 12 April 2022   06:41 565 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Rosululloh sebagai Rahmatan Lil Alamin memiliki 4 sifat yang wajib kita ketahui sebagai seorang muslim. 4 Sifat tersebut diantaranya adalah Sidiq (benar), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (Menyampaikan wahyu Allah) dan Fathonah (cerdas). dari salah satu sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW adalah sifat fatonah yang berarti cerdas.

 Bagaimana mungkin seorang Rosul memiliki kemampuan untuk meyakinkan pengikutnya mengikuti ajaran dan dakwahnya jika ia tidak memiliki sifat cerdas. Bahkan, dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Rosululloh, umat muslim beberapa kali memenangkan perang melawan kaum kafir yang menentang ajaran Rosul.

Sebagai umat muslim yang bertaqwa dan meneladani sifat yang dimiliki oleh Rosul, kita harus senantiasa terus berusaha belajar , menjadi orang yang cerdas dan juga berilmu. Tidak hanya sebatas cerdas secara intelektual, tetapi juga mampu menjaga etika dan mengimbangi dengan ilmu spiritual.

Mencari ilmu adalah wajib hukumnya 

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim" (HR. Ibnu Majah)

Orang yang cerdas tentu tidak hanya lahir begitu saja, perlu pengorbanan dan juga pengalaman dalam hal mencari ilmu. Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk menuntut ilmu, tidak ada batasan usia, golongan bahkan jabatan,

Rasulullah SAW bersabda: "Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat."

Dari hadist tersebut sudah jelas bahwa tidak ada batasan waktu kapan kita harus berhenti mencari ilmu, bahkan hingga akhir usia kita. Hal demikian juga selaras dengan salah satu pepatah tokoh besar dunia, Steve Jobs yakni "Stay Hungry, Stay Foolish" yang artinya teruslah merasa lapar dan bodoh terhadap ilmu pengetahuan. 

Jangan pernah merasa cukup atas kemampuan atau ilmu yang dimiliki karena sebenarnya banyak hal yang belum kamu ketahui di alam semesta ini.  

Menyeimbangkan ilmu dunia dan akhirat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan