Mohon tunggu...
Badrut Tamam
Badrut Tamam Mohon Tunggu... Dosen - Nikmati tiap jengkal di mana kakimu berpijak, karena di atasnya ada langit yang harus engkau junjung

Nikmati tiap jengkal di mana kakimu berpijak, karena di atasnya ada langit yang harus engkau junjung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Satu Pena Kaltara Gelar Webinar Nasional Kelas Menulis Buku 0 KM: Selimut Dua Bendera

29 Mei 2022   17:52 Diperbarui: 29 Mei 2022   17:56 68 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
0 KM; Selimut Dua Bendera dok pri

Perkumpulan Penulis Indonesia Satu Pena Kaltara kembali mengadakan kegiatan keliterasian yang bertajuk "Kelas Menulis Buku: 0 Km Selimut Dua Bendera" yang diikuiti oleh berbagai pegiat dan komunitas, pendidik maupun peserta didik SMP/SMA se Kalimantan Utara dan daerah lainnya. Kegiatan kelas menulis buku ini digelar pada tanggal 21-22 Mei 2022 lalu. 

Dalam waktu dua hari para peserta kelas menulis dari berbagai kalangan ini mendapatkan berbagai materi yang tidak hanya teori  kepenulisan saja tetapi berisi materi yang bersifat  "daging" tentang kepenulisan mulai dari proses menulis hingga progres publish buku ke berbagai penerbit di Indonesia.

Dalam kegiatan Webinar Kelas Menulis Buku "0 KM; Selimut Dua Bendera" dihadiri oleh berbagai narasumber Nasional maupun lokal yaitu Dodi Mawardi (Penulis Buku "Belajar Goblok dari Bob Sadino) yang merupakan penulis dan editor senior yang saat ini tergabung dalam Penulis Profesional yang telah banyak menghasilkan karya buku yang best seller. 

Kemudian juga dihadiri oleh penulis lokal 'rasa nasional' yaitu Muhammad Arbain (Peneliti & Penulis 42 Buku Multi Genre) sekaligus Ketua Umum Satu Pena Kaltara, juga dihadiri oleh Hasan Basri (Penulis Buku Antologi Anak Rantau) dan Enny Asrinawaty (Penulis Buku Jiwa-Jiwa dalam Cerita & Founder Lisan).

Dok pri
Dok pri

Webinar kelas menulis buku ini merupakan kegiatan webinar yang ke 5 yang diadakan oleh Satu Pena Kaltara. Acara webinar kelas menulis ini dibuka langsung oleh Sekjen Penulis Indonesia Satu Pena Pusat yaitu Dr. Ir. Satrio Arismunandar, M.Si.,M.B.A. 

Dalam sambutanya ia mengutarakan akan pentingnya menjaga tradisi kepenulisan terutama terkait berita-berita seputar wilayah perbatasan Kaltara. 

Ada banyak tema tulisan yang dapat ditulis terkait berbagai kasus baik kesenjangan sosial, budaya pertukaran nilai tukar mata uang Indonesia dan Malaysia dan lain sebagainya yang dapat menjadi perhatian para jurnalis dan penulis Satu Pena Kaltara agar berbagai permasalahan daerah dapat terbaca hingga ke pusat sehingga mendapatkan perhatian dan kebijakan.

Ketum Satu Pena Kaltara, Muhammad Arbain menuturkan, "Dengan adanya kelas menulis buku ini diharapkan akan lahir regenerasi penulis penulis cilik di berbagai sekolah untuk dapat berkontribusi dalam berbagai even-even kepenulisan, yang nantinya akan mewarnai geliat literasi  di kaltara, karena di kaltara sendiri sudah banyak sekali berbagai komunitas dan pegiat literasi, yang harapan ke depan Tarakan dan Kalimantan Utara akan menjadi pusat episentrum kota literasi di Ibu Kota Negara (IKN) yang semarak karya tulisnya beranekaragam serta terbangun siklus dan atmosfer kota yang literat yang mampu merespon perkembangan zaman".

Dok pri
Dok pri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan