Badrut Tamam
Badrut Tamam Dosen

Nikmati tiap jengkal di mana kakimu berpijak, karena di atasnya ada langit yang harus engkau junjung

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

25 Ribu Mahasiswa PT se-Kaltim Siapkan Aksi Lawan Radikalisme

13 Oktober 2017   17:34 Diperbarui: 13 Oktober 2017   18:08 138 0 0
25 Ribu Mahasiswa PT se-Kaltim Siapkan Aksi Lawan Radikalisme
Dok.pribadi

SAMARINDA, KOMPASIANA,- Seluruh Perguruan Tinggi (PT) baik negeri maupun swasta se Provinsi Kalimantan Timur sepakat menggelar aksi kebangsaan deklarasi anti-radikalisme serentak Se Indonesia di momentum hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017.

Sesuai hasil pertemuan pimpinan perguruan tinggi se Kaltim di Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (UNTAG) di Jalan Juanda Samarinda, Jum'at siang (13/10/2017) disepakati IAIN Samarinda akan menjadi tuan rumah dalam aksi kebangsaan perguruan tinggi melawan radikalisme.

Ditemui disela kesibukannya Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd menyatakan kesiapan perguruan tinggi yang dipimpinnya menjadi tuan rumah deklarasi PT dalam menangkal gerakan radikalisme di Kaltim.

"Kami IAIN Samarinda insyaallah siap menjadi tuan rumah dalam menyambut aksi kebangsaan perguruan tinggi melawan radikalisme se Provinsi Kalimantan Timur," ujarnya.

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Rektor IAIN Samarinda kelahiran Purwokerto ini menyebutkan bahwa perguruan tinggi keagamaan negeri satu-satunya di Kaltim dan Kaltara ini siap mengawal dan mempertegas sikap perguruan tinggi untuk melawan radikalisme dan sikap-sikap intoleransi yang selama ini diam-diam menyusup di lingkungan kampus.

"Pancasila, Undang-undang 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi kita adalah harga yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kita hidup dan besar di bumi Indonesia dan kita wajib menjaga keutuhannya," tegas Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd.

Sebagaimana diungkapkannya estimasi peserta pada Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi melawan Radikalisme dan Intoleransi rencananya akan melibatkan 25.000 peserta.

"Melalui forum aksi kebangsaan di hari sumpah pemuda ini diharapkan menjadi spirit bagi kalangan pemuda mahasiswa di perguruan tinggi untuk merevitalisasi kembali nilai-nilai dan semangan sumpah pemuda aar dapat diaktualisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju Indonesia yang damai, makmur dan sejahtera.#Tamam