Mohon tunggu...
Tama Guntur
Tama Guntur Mohon Tunggu... jomblo

ingin memenuhi syarat kuliah dengan membuat berita di kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tempat Makan Murah dan Rame di Yogyakarta

17 April 2021   16:00 Diperbarui: 17 April 2021   16:05 64 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tempat Makan Murah dan Rame di Yogyakarta
Sumber gambar: gudeg.net

Selain wisata alam, Yogyakarta juga punya segudang makanan murah sewaktu liburan ke Yogyakarta. Ada banyak sekali tempat makan murah di jogja dengan varian banyak banget dengan rasa yang unik.

Berikut 3 rekomendasi makan murah yang hits sewaktu liburan ke Yogyakarta.

      1. Soto Terbis

Soto. Siapa tidak mengenal makanan satu ini? Penikmatnya dari berbagai kalangan usia. Kehangatannya mampu memanjakan perut di pagi hari. Aroma kuahnya sangat menggiurkan. Tak heran kalau kuliner kaya rempah ini tidak pernah sepi peminat. Makin mantap bila disantap bersama teh hangat dan gorengan.

Soto Terbis terletak di kabupaten Bantul. Persisnya di jalan Wijoyo nomor 23, Grujugan, Tamanan, kecamatan Banguntapan. Untuk menuju lokasi nyoto, Teman Brisik bisa ke arah selatan kota Jogja, jalan Imogiri Timur. Dari terminal Giwangan, sekitar 1,5 km ke arah selatan lalu belok kanan. Lurus hingga 1 km. Lokasinya tak jauh dari SD Grojogan.

Saat sampai, pengunjung akan diarahkan oleh petugas parkir yang ramah untuk memarkirkan kendaraan di halaman warung soto. Tampak luar sudah terlihat unik dan estetik. Caping-caping warna-warni menggantung diantara pohon sengon dan satu sisi tembok. Pada tembok, menempel banner besar bertuliskan "Soto Terbis Ndeso Tenan, Tenan Le Ndeso". Pengunjung benar-benar dimanjakan oleh suasana pedesaan.

Sesuai dengan namanya, Terbis, berarti pematang. Suasana di warung soto Terbis sangat dekat dengan alam. Dikelilingi oleh area persawahan, kebun jagung, dan terletak diantara pohon-pohon sengon. Pohon-pohon sengon menjulang hingga 10 -- 15 meter. Daun-daunnya mampu menghalau panas sinar matahari sehingga menimbulkan rasa sejuk. Caping-caping warna-warni menggantung sepanjang halaman luar hingga ke dalam warung soto. Tak kalah menarik perhatian pandangan, kalimat motivasi terpaku di pohon-pohon sengon.

Soto Terbis tersedia pada hari Sabtu hingga Kamis. Di jam 06.00 -- 14.00 WIB. Makin tinggi matahari, pengunjung yang datang semakin ramai. Kira-kira dalam satu hari jumlah pengunjung bisa mencapai 300 orang. Namun, khusus hari Jumat tutup.

Soto dan pelengkap akan makin komplit bersama minuman. Es teh, teh panas, es jeruk, jeruk nipis panas, es lemon tea, dan lemon tea panas tersedia dengan harga mulai dari Rp2.500 hingga Rp 4.000 per gelas. Selain menikmati kelezatan soto Terbis, di tempat ini pula Teman Brisik bisa belajar bercocok tanam dengan berbagai tanaman dan buah-buahan.

      2. Mie Ayam Palembang Afui

Penggemar mie atau bakmi mana suaranya? Salah satu kedai mie ayam di Jogja yang bisa jadi jujugan adalah Mie Ayam Afui Palembang. Mie ayam di sini hadir dengan porsi melimpah dan murah, cita rasanya benar-benar memanjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN