Mohon tunggu...
TalkDGTL
TalkDGTL Mohon Tunggu... Konsultan - Penyedia Edukasi Digital Marketing

TalkDGTL adalah penyedia edukasi digital marketing yang menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai aspek dan tingkatan. Difasilitasi oleh tim profesional dengan pengalaman langsung di bidang digital marketing, TalkDGTL didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapabilitas strategi digital pemilik bisnis, profesional, dan individu Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3 Metrik Utama untuk Mengukur "Brand Awareness"

30 Agustus 2019   11:26 Diperbarui: 30 Agustus 2019   11:43 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: alfayssal-tr.com

Banyak manfaat yang bisa diraup dengan memanfaatkan digital marketing. Salah satunya yakni meningkatkan brand awareness suatu bisnis. Namun, menjalankan branding di dunia digital bukanlah perkara yang singkat. Dibutuhkan investasi jangka panjang hingga akhirnya goal atau tujuan bisnis bisa tercapai.

Untuk mengetahui apakah strategi digital marketing yang dijalankan sudah tepat atau belum, tentunya dibutuhkan beberapa metrik yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan. Nah, bagaimanakah cara mengukur keberhasilan campaign tersebut? Simak 3 metrik penting yang dapat mengukur brand awarenes di dunia digital berikut:

1. Social Media Reach
Jangkauan konten yang diposting di media sosial menjadi salah satu indikator dari kesuksesan suatu campaign brand awareness Walaupun cara mengukur jangkauan reach dari konten media sosial kini tidak dapat semudah dan seakurat dahulu, ada beberapa situs yang bisa membantu Kamu dalam mengukurnya. Salah satunya yang mudah digunakan yaitu Shared Count, situs yang dapat menganalisa seberapa banyak shares dan likes dari sebuah url.

2. Brand Mention
Cara lainnya yang dapat mengukur brand awareness adalah dengan melacak seberapa sering suatu brand disebutkan atau di mention secara online. Hal ini tentunya akan lebih mudah jika nama brand tersebut adalah sesuatu yang unik. Namun, jika brand Kamu memiliki nama yang cukup familiar dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari maka akan cukup sulit untuk memilahnya.

Jika bisnismu memiliki nama brand yang unik, maka ada beberapa tools yang bisa digunakan secara online. Misalnya saja tools yang dimiliki oleh Google yaitu Google Alert yang bisa digunakan secara mudah dan gratis. Cukup ketikkan apa yang ingin dilacak dan klik tombol 'Create Alert' untuk menjalankannya. Ya, sesederhana itu.

3. Branded Search
Metrik yang terakhir yang bisa dijadikan tolak ukur adalah seberapa banyak orang yang mencari suatu brand secara online. Kamu bisa melacak Branded Search dengan mudah melalui kata kunci yang terlihat pada traffic di Google Analytic. Selain itu, Kamu juga bisa memanfaatkan Google Trends. Cukup masukkan nama brand yang ingin dilacak pada kotak 'Search' dan pilih beberapa filter yang sesuai. Dari sini, Kamu bisa melihat seberapa banyak peningkatan pencarian dari suatu brand. Kamu juga bisa melihat data kompetitor ataupun kata kunci yang berkaitan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun