Mohon tunggu...
TalkDGTL
TalkDGTL Mohon Tunggu... Penyedia Edukasi Digital Marketing

TalkDGTL adalah penyedia edukasi digital marketing yang menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai aspek dan tingkatan. Difasilitasi oleh tim profesional dengan pengalaman langsung di bidang digital marketing, TalkDGTL didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapabilitas strategi digital pemilik bisnis, profesional, dan individu Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Strategi Blanja.com Mengoptimalkan Konversi Penjualan dengan Mobile Video

21 Agustus 2019   11:57 Diperbarui: 21 Agustus 2019   13:36 0 0 0 Mohon Tunggu...

Blanja.com, e-commerce asal Indonesia yang juga merupakan anak dari Telkom group ini mungkin sudah akrab di telingamu. Namun, walaupun sudah lama hadir di Indonesia, mungkin nama Blanja.com baru Kamu dengar beberapa tahun belakangan ini.

Memilih untuk tidak agresif di awal pendirian, Blanja.com ingin membangun fondasi dan strategi yang tepat sebelum membangun awareness pada brand mereka. Salah satu kisah sukses mereka adalah dengan mengoptimalkan konversi penjualan melalui video Facebook dan Instagram.

1. Their Story
Sebagai salah satu situs belanja e-commerce terbesar di Indonesia, Blanja.com menawarkan lebih dari 500 juta produk dengan customer service yang cukup mumpuni yang menjadikannya tujuan belanja online terpercaya di pasar yang kompetitif.

Situs e-commerce hasil kolaborasi strategis perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia (PT. Telkom Indonesia) dan eBay ini memiliki prinsip membangun 5 fondasi sebelum gencar menggaungkan nama brand mereka. Kelima fondasi yang dibangun dengan kuat tersebut adalah talent, operation, technology, seller dan marketing. 

Hal ini dilakukan untuk bisa berkompetisi dengan pemain lain dan menentukan ke mana arah bisnis dan strategi penjualan yang akan dicapai.

2. Their Goal
Salah satu hal yang menjadi target dari Blanja.com di tahun 2017 adalah melakukan rebranding pada persona brand mereka agar lebih dekat ke target audiens yang lebih muda. 

Blanja.com ingin mempertahankan posisi mereka sebagai marketplace yang terpercaya namun juga akrab untuk pengguna dengan usia muda.

Salah satu hal yang dilakukan oleh Blanja.com dalam teknik digital marketing mereka adalah materi iklan yang dioptimalkan untuk pengguna seluler dengan fokus meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan dengan mengarahkan lebih banyak pengguna ke situs mereka.

3. Their Solution
Strategi yang dilakukan oleh Blanja.com untuk mencapai hal tersebut pertama-tama dilakukan dengan meremajakan tampilan situs mereka. Blanja.com hadirkan fitur serta interface baru yang dirancang untuk menarik demografi pembeli online yang lebih muda.

Sedangkan untuk meningkatkan brand awareness, dibuatlah sebuah kampanye yang berpusat pada slogan baru mereka yaitu, "Dunia Tanpa Batas" yang menekankan berbagai macam produk yang tersedia di platform Blanja.com. 

Salah satu strategi yang dibuat adalah dengan adanya iklan video yang menarik perhatian audiens dan dioptimalkan untuk pengguna mobile phone dengan menyoroti penawaran produk Indonesia andalan Blanja.com yang beragam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x