Mohon tunggu...
Tadzkira Nadia Tsauri
Tadzkira Nadia Tsauri Mohon Tunggu...

Santri yang mencintai ibu

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Konsistensi Puan Maharani Untuk Kesehatan Negeri

23 Juni 2017   00:06 Diperbarui: 23 Juni 2017   00:10 0 0 0 Mohon Tunggu...

Puan Maharani adalah salah satu menteri secara konsisten menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan. Dulu, kita masih ingat tentang kebijakan Kampung KB sebagai sarana penunjang kesehatan masyarakat. Selain itu, Puan Maharani juga sempat membagikan alat kesehatan kepada beberapa lembaga untuk memastikan para karyawannya tidak lupa untuk memeriksa kesehatann, meski dengan alat yang sederhana.

Ketika berkunjung ke Arab Saudi untuk melakukan kunjungan kerja persiapan pelaksanaan ibadah haji, hal pertama dan utama yang ingin dipastikan Puan Maharani adalah fasilitas dan layanan kesehatan untuk para jama'ah. Termasuk ketika mengunjungi penampungan TKI yang bermasalah, yang dikeluhkan dan diinstruksikan oleh Puan Maharani adalah tentang kesehatan.

Bahkan ketika melepaskan mudik gratis gotong royong yang dilaksanakan oleh PDIP kemarin, di Stasiun Senen, Puan Maharani menyarankan dan memberikan himbauan agar tetap menjaga kesehatan dan mempergunakan posko-posko kesehatan yang disediakan. Khusus untuk yang sedang hamil, Puan Maharani secara khusus meminta untuk memeriksakan kondisi kehamilannya terlebih dahulu, dan segera melakukan koordinasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Artinya, beberapa kebijakan tentang kesehatan di negeri ini, tidak bisa dilepaskan dari sumbangsih dan urun rembug yang dilakukan oleh Puan Maharani. Sementara dalam skala yang lebih kecil, Puan Maharani secara konsisten juga ikut menyuarakan tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Terkait posisinya sebagai Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani membawahi beberapa Kementerian strategis, termasuk di antara Kementerian Kesehatan. Maka tidak aneh ketika bidang kesehatan, selain menjadi bagian dari gaya hidupnya, juga menjadi salah satu agenda penting dalam pembangunan manusia Indonesia.

Sebagai bentuk konsistensi untuk bidang kesehatan, Puan Maharani juga mempunyai komitmen untuk memperbaiki dan menekan defisit anggaran BPJS Kesehatan, bahkan memberikan solusi cerdas agar persoalan BPJS Kesehatan ini tidak hanya menjadi wilayah pemerintah pusat tapi juga meniscayakan keterlibata pemerintah daerah. Dengan kemampuan fiskal yang tidak begitu baik, tentu defisit anggaran menjadi persoalan pelik sehingga semakin menambah beban negara. Maka solusi gotong royong antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah menjadi solusi yang cerdas.

Dalam konteks ini, termasuk kerja-kerjanya selama ini yang begitu peduli akan kesehatan, Puan Maharani adalah sosok menteri yang menjadikan kesehatan sebagai faktor penting untuk membangun kualitas manusia.

Begitulah Puan Maharani untuk kesehatan!

VIDEO PILIHAN