Mohon tunggu...
ikram arizona
ikram arizona Mohon Tunggu... mahasiswa

ingin merubah persepsi masyarakat terhadap politik bahwa politik itu tidak kotor

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Politik Itu Kotor?

15 Agustus 2020   15:52 Diperbarui: 15 Agustus 2020   15:47 65 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Politik Itu Kotor?
Sumber gambar: dok. pribadi

Apa yg ada di benak kita ketika mendengar kata politik?

Sebagian dari kita mungkin akan menjawab dengan kekuasaan, kepentingan, pengaruh, atau istilah terkait politik lainnya. Namun, saya percaya, banyak dari kita akan mengeluarkan jawaban-jawaban yang cenderung bernada negatif, seperti "politik itu kotor", "politik itu sarang korupsi", "politik ajang berebut kekuasaan", atau "meraih jabatan dengan menghalalkan segala cara".

Perkatan-perkataan ini bukan tanpa dasar, mereka mengatakan politik sebagai sesuatu yang kotor karena melihat realita bahwa banyaknya kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam hal politik pemerintahan di Negara ini.

Salah satu akibat dari buruknya citra politik di negeri ini adalah perginya anak-anak muda dari ranah ini. Kita, sebagai anak muda yang identik dengan semangat menggebu-gebu dan idealisme tinggi, sudah terlanjur menganggap politik itu kotor.

Daripada masuk ke dunia politik, kebanyakan dari kita tentu akan memilih bekerja di korporasi atau perusahaan multi-nasional yang kita yakini mampu menjamin masa depan kita dan menjauhkan kita dari kebobrokan politik maupun pemerintahan negeri ini. Kalaupun ada sebagian dari kita yang dengan idealismenya ingin memperbaiki keadaan, pada akhirnya lebih memilih mundur secara teratur ketika dihadapkan pada risiko-risiko yang harus dihadapi apabila menentang arus.

Sayangnya, tanpa disadari, keputusan kita untuk menjauhi politik karena citranya yang buruk berdampak pada kondisi politik itu sendiri. Bayangkan apabila seluruh anak-anak muda yang cerdas dan memiliki idealisme enggan berkiprah di dunia politik. Apa yang akan terjadi?

Jika seluruh anak muda yang cerdas dan memiliki idealisme meninggalkan politik, tentunya dunia politik akan diisi oleh orang-orang dengan kemampuan seadanya dan parahnya tanpa idealisme. Persis dengan kondisi politik nasional hari ini. Politik nasional kita dipenuhi oleh orang-orang yang (seringkali) bukan orang terbaik di bidangnya dan rela menjual negara untuk kekayaan pribadi.

Tapi, apakah benar politik itu kotor?

Politik Merupakan Kegiatan yang Luhur dan Suci, jika kita merujuk pada para pemikir dan akademisi ilmu politik, tidak ada satupun makna negatif dalam pengertian politik. Sebaliknya, politik selalu dikaitkan dengan pengambilan keputusan, kepentingan masyarakat luas, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik. Kekuasaan memang pada akhirnya bergantung dari pemegangnya. Apabila orang baik yang berkuasa, kebaikan akan tersebar luas. Sebaliknya, apabila orang jahat yang berkuasa, kerusakan yang akan merajarela.

Jikalau politik itu di anggap kotor, kenapa bisa ada yang namanya ilmu politik, jurusan politik, atau fakultas politik bahkan ada gelarnya?

Politik Itu Ilmu Bukan Sebuah Cara Kotor! politik berasal dari bahasa Yunani yaitu politikos yang artinya dari dan untuk warga negara. Bahkan bukunya yang berjudul "Politics", Aristotales seorang filsuf kenamaan Yunani kuno mengatakan bahwa politik merupakan kegiatan yang luhur karena hakikatnya untuk kesejahteraan rakyat. Politik Itu Adalah Sebagian dari Dasar Berdirinya Suatu Negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN