Tabrani Yunis
Tabrani Yunis Guru

Tabrani Yunis adalah Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh, juga sebagai Chief editor majalah POTRET, majalah Anak Cerdas. Gemar menulis dan memfasilitasi berbagai training bagi kaum perempuan.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Pentingnya Melatih Daya Deskripsi Anak

7 April 2019   23:42 Diperbarui: 7 April 2019   23:47 68 4 1

Oleh Tabrani Yunis

Dalam pembelajaran bahasa, atau dalam berkomunikasi, kita diperkenalkan dengan empat ketrampilan berbahasa ( four language skills). Ke empat ketrampilan berbahasa tersebut adalah mendengar ( listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). 

Dua dari ketrampilan tersebut dikatakan sebagai kemampuan reseptif, masing-masing listening dan reading, sementara yang dua lagi merupakan kemampuan reproduktif yakni berbicara dan menulis. Semua  ketrampilan tersebut diperoleh lewat proses latihan. Artinya kemampuan yang diperoleh dari proses belajar mendengar, belajar bebicara, membaca dan kemudian pada level yang lebih tinggi menulis, mengekspresikan diri, pikiran lewat tulisan.

Dari ke empat kemampuan atau ketrampilan berbahasa tersebut, ketika berbicara dan menulis, kita harus memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu secara runtun dan teratur serta lancar.. Misalnya, ketika kita  ingin berbicara dengan lancar dan teratur, maka diperlukan pula kemampuan untuk mendeskripsikan sesuatu, hingga kita bisa menceritakan sesuatu dengan lancar. 

Banyak orang bisa berbicara, tetapi tidak semua orang mampun melakukan atau mendeskripsikan sesuatu dengan lancar. Karena kemampuan deskripsi tersebut tidak jatuh dari langit atau datang sendiri, tetapi dilewati melalui proses belajar dan berlatih yang relatif lama atau panjang. Dengan demikian, kemampuan dan kecakapan untuk berbicara dan mendeskripsikan sesuatu dengan lancar merupakan hal yang idealnya kita miliki semua. Oleh sebab itu, sangat penting seseorang memiliki kemampuan deskripsi yang baik dan lancar tersebut.

Nah, seperti disebutkan di atas bahwa  kemampuan deskripsi tersebut diperoleh kebiasaan, latihan atau proses belajar yang panjang, maka diperlukan upaya untuk melatih kemampuan deskripsi tersebut secara regular, terus menerus, hingga mencapai kondisi berkomunikasi yang lancar, baik lisan, mai maupun tulisan. 

Seseorang yang memiliki kemampuan deskripsi yang bagus, ia akan dengan mudah memberikan penjelasan secara lisan dan  begitu pula ketika menulis. Oleh sebab itu, mengingat betapa pentingnya memiliki kemampuan deskripsi , maka setiap orang tua, termasuk guru, selayaknya membantu anak-anak mereka untuk  melatih diri melakukan kegiatan-kegiatan  deskripsi tersebut secara tekun dan regular 

Bila kita amati video di atas, kita membaca kemampuan dua anak yang ada di video, yakni Ananda Nayla dan Aqila Azalea Tabrani Yunis yang hampir setiap hari berlatih. termasuk  berkomunikasi serta mendiskripsikan sesuatu dalam bahasa Inggris kini sudah memiliki kebiasaan mengekspresikan pikiran dan penjelasan.  

Kedua anak tersebut, kini tengah dilatih kemapuan deskrips, seperti mendeskripsi sebuah produk yang tersedia di POTRET Gallery atau juga di tempat-tempat lain. Mungkin ada baiknya atau bahkan lebih baik ditonton dahulu bagaimana kemudian bisa berbahasa Inggris dengan lancar serta menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu  produk atau lainnya dengan baik, hingga membuat kita merasa puas dan bangga memperoleh hasil yang baik. Silakan ditonton dahulu, jangan lupa berbagi