Mohon tunggu...
Syulatuddifa U.A.T
Syulatuddifa U.A.T Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

A daydreamer and a night-thinker

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Komunikasi Era Digital: Etika Komunikasi dalam Media Sosial (Instagram)

11 Desember 2021   07:10 Diperbarui: 11 Desember 2021   07:29 1697 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Media sosial adalah media online yang memungkinkan penggunanya untuk bergabung, berbagi dan membuat konten dengan mudah. Perkembangan media sosial saat ini mengalami kemajuan yang sangat cepat. Instagram adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan kita untuk mengupload foto secara instan dan mudah. Perkembangan media sosial berdampak langsung pada tingkah laku manusia sebagai sarana informasi  dan sebagai sarana interaksi sosial antar manusia atau proses komunikasi. Media sosial seolah menjadi tempat limpahan semua aktivitas sehari hari yang terkadang mengesampingkan berbagai etika yang ada. Contohnya seperti penggunaan bahasa informal yang tidak baku dalam komunikasi.

Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi akan lebih efektif jika pesan yang telah disampaikan dapat langsung dipahami dengan baik oleh penerimanya.

Etika berkomunikasi yang baik di media sosial adalah bertutur kata yang baik dan sopan, tidak menggunakan bahasa yang kasar, provokatif, pornografi, atau SARA. Jangan memposting hal-hal yang kurang pantas untuk khalayak umum. Jangan memposting artikel atau status palsu. Jangan menyalin, menempel, atau memasukkan komentar artikel atau gambar terkait hak cipta.

Di era digital, media sosial sudah menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Kita tetap bisa terhubung dengan dunia luar melalui media sosial. Kita bisa membangun relasi dengan orang yang sudah kita kenal, saudara, kerabat, atau pihak yang tidak kita kenal hanya melalui sosial media.

Forum online atau media sosial adalah papan pengumuman yang dapat digunakansecara online. Namun, seiring berjalannya waktu, forum online telah memperluas fungsi dan kemampuannya. Tidak hanya untuk pertukaran informasi, tetapi juga untuk sarana penghubung antara pemilik forum dengan penggunanya.

Media sosial telah menjadi sarana informasi yang sangat menjanjikan di Indonesia. Karena banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, aplikasi media sosial digunakan untuk teman dan situs informasi. Dengan kata lain, mayoritas orang di Indonesia memiliki media sosial yang bisa diakses setiap saat. Berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, dll telah muncul dan menjadi kebutuhan pilihan masyarakat. Interaksi dalam media sosial memperhatikan etika. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua aktivitas di media sosial tidak secara langsung berdampak buruk bagi kehidupan kita.

Instagram adalah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar, menggunakan filter digital, dan membagikannya di berbagai layanan jejaring sosial. Interaksi media sosial perlu komunikasi dan kesopanan. Sebagai manusia, kita tidak pernah lepas dari komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi selalu menjadi kegiatan utama yang dilakukan dari bangun tidur hingga tertidur, baik formal maupun informal.

Hal ini tentunya sudah menjadi kebiasaan dan telah berkembang menjadi fitrah kita sebagai manusia, makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Kita selalu membutuhkan bantuan orang lain atau selalu hidup beriringan dengan mereka, meski hanya sekedar interaksi atau cerita kecil. Dalam interaksi ini, orang secara bertahap menciptakan budaya.

Media sosial bisa menyebabkan perubahan besar dalam hidup seseorang, jadi kita harus bisa menyikapi dengan cerdas agar tidak melupakan komitmen kita dalam kehidupan nyata. Selain itu, ketika menggunakan media sosial, kita harus mematuhi prinsip-prinsip etika, sebagai hiburan dan sebagai sumber faktual, untuk menjaga sikap yang baik dan positif.

Kemajuan teknologi yang menyebabkan lunturnya norma-norma kesopanan dan etika dalam segala hal telah berdampak buruk bagi masyarakat. Selain itu, kemajuan teknologi menyebabkan penurunan etika dan moralitas masyarakat dalam berkomunikasi, membangun kekerasan fisik, atau bahkan perkelahian.

Etika komunikasi memiliki beberapa aturan, bertujuan untuk mengatur bagaimana kita berkomunikasi satu sama lain tanpa merugikan dan menjaga etika sebagai rasa hormat kepada lawan bicara. Namun, cara berkomunikasi dan penggunaan kata frasa yang dianggap kurang etis dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan kesalahpahaman satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan