Mohon tunggu...
Syukra (kaka) Alhamda
Syukra (kaka) Alhamda Mohon Tunggu... Photographer

Petani yang suka motret, hobby menulis dan gila bertualang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pilih Sekolah atau Kampus? Asal Keterima Masuk Aja

11 Januari 2021   09:50 Diperbarui: 11 Januari 2021   10:29 106 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilih Sekolah atau Kampus? Asal Keterima Masuk Aja
www.gambar.pro

Pilih sekolah atau pilih kampus merupakan pilihan yang cukup rumit, terutama bagi orang-orang kurang pendirian atau mungkin masih belum tahu bahkan tidak tahu sama sekali akan hidup seperti apa dimasa depan. Namun ada beberapa alasan sehingga tidak perlu bingung pilih sekolah atau pilih kampus meskipun tidak punya pilihan sama sekali.

1. Orang-orang seperti ini biasanya tidak terlalu bingung akan mengarah ke mana melanjutkan pendidikan, karena memang tujuan pendidikan selanjutnya hanya satu dan tidak ada pilihan lain, beberapa alasan adanya orang-orang yang tidak punya pilihan disebabkan beberapa faktor.

  • terpakasa karena tidak ada sekolah atau kampus yang bisa menerima
  • Tuntutan orang tua
  • Emang dasar anaknya gak mau ribet, asal bisa sekolah atau kuliah udah cukup, mau dimana saja terserah.

2. Tidak Tahu Mau Jadi Apa

Jangan Terlalu bingung, daftar aja dulu ke sekolah atau kampus yang menurut kamu terbaik (terbaik dari kualitas, harga, jarak dan pertimbangan lainnya). Tapi jangan hanya satu sekolah atau kampus, mendaftar ke dua atau tiga institusi, setelah lulus lanjutin aja pendidikan dulu, nanti gede jadi apa biar waktu yang jawab, dan pasti terjawab seiring waktu.

3. Bingung Antara Beberapa Pilihan

Nah ini serin terjadi bagi mereka yag kepintarannya diatasa rata-rata, sehingga banyak institusi yang menawarkan pendidikan lebih lanjut, namun karena terlalu banyak penawaran orang ini cenderung bingung akan pilihan, beberapa solusi untuk kasus seperti ini adalah :

  • Pilih yang paling sesuai dengan minat
  • Harga termurah, mengingat ekonomi semakin sulit (beda cerita kalau anak sultan)
  • Jarak terdekat, karena dekat dengan orang tua dan keluarga adalah suatu anugerah tersendiri.

Setelah melakukan beberapa pendekatan diatas dan ternyata masih bingung, memilih dengan menghitung kanci baju sepertinya solusi terakhir terbaik.

4. Lulusnya di sekolah atau kampus yang tidak diinginkan

Untuk yang mengalami kasus seperti ini, sepertinya kamu saja yang kurang bersyukur, karena masih banyak orang yang sangat ingin melanjutkan pendidikan di tempat kamu lulus hanya saja mereka tidak seberuntung kamu. 

Sebaiknya lanjutin saja pendidikan disana, toh nyatanya jika kamu sekolah atau kuliah ditempat yang tidak kamu suka itu tidak selamanya, dan jika saja kamu sekolah atau kuliah ditempat yang kamu suka itu juga hanya sementara, anmun beda cerita jika ternyata cita-cita kamu adalah menjadi seorang mahasiswa abadi.

Beberapa poin diatas lahir karena banyaknya fenomena yang bisa dilihat, jika tempat menempuh pendidikan bukanlah jaminan untuk sebuah masa depan. Berapa banyak ditemui seorang lulusan kedokteran berprofesi sebagai artis, sarja teknik menjadi seniman, lulusan ekonomi malah jadi mekanik di suatu perusahaan atau mungkin lulusan SD menjadi mengusaha sukses yang bergelimang harta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN