Mohon tunggu...
Humaniora

Perlunya Stategi atau Cara Agar Siswa Menyukai Matematika

8 April 2018   21:32 Diperbarui: 8 April 2018   22:23 587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Matematika adalah salah satu pelajaran yang tidak disukai anak sekolah di mata umum, hanya sebagian kecil anak-anak sekolah yang menyukai matematika. Matematika itu susah merupakan pernyataan klasik, bagi siswa yang kurang suka, mereka merasa bahwa belajar matematika menguras pikiran, membosankan, tegang dan membutuhkan konsentrasi penuh, sehingga merekapun jadi malas belajar matematika.

Tidak sedikit guru matematika merasakan kesulitan dalam membelajarkan siswa bagaimana menyelesaikan problem matematika, banyak peserta didik yang nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan melakukan remedial.Kesulitan ini lebih disebabkan karena adanya suatu faktor. Ada beberapa faktor penyebab kesulitan dalam belajar, diantaranya : a) Faktor Fisiologis, yaitu kurang berfunginya dan susunan syaraf. Kesiapan otak dan system syaraf dalam menerima, memproses, menyimpan ataupun memunculkan kembali informasi yang sudah disimpan akan menghambat kegiatan belajar peserta didik. b) Faktor kejiwaan, yaitu berkaitan dengan kurang mendukungnya perasaan hati (emosi) peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh. c) Faktor Intelektual, yaitu berkaitan dengan kurang sempurna atau kurang normalnya tingkat kecerdasan peserta didik. d) Faktor Kependidikan, yaitu berkaitan dengan belum mantapnya lembaga pendidikan secara umum. Dengan demikian perlu kita sadari tidak semua siswa mempunyai tingkat intelektual yang tinggi.Kemampuan dan penalaran setiap siswa dalam menangkap materi pelajaran yang disampaikan berbeda-beda.

Dalam pembelajaran matematika stategi atau cara sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kemampuan matematika seperti yang diharapkan.Untuk melaksanakan pembelajaran matematika secara bertahap, diperlukan beberapa kecakapan guru untuk memilih suatu cara yang tepat, baik untuk materi ataupun situasi dan kondisi pembelajaran saat itu, sehingga pembelajaran tersebut dapat merangsang siswa untuk memperoleh kompetensi yang diharapkan. Cara agar anak menyukai matematika diantaranya :

Jangan paksa siswa untuk bisa menguasai matematika

Meskipun kita sudah berusaha mengoptimalkan proses belajar mengajar secara maksimal, tetapi pasti ada beberapa peserta didik yang sulit memahami matematika. Jangan memaksa mereka, justru beri motivasi untuk mengasah pelajaran yang mereka bisa. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki bakat dan keahlian yang berbeda-beda dalam pelajaran tertentu, jadi dengan demikian jangan memaksa anak untuk menguasai pelajaran matematika.

Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan

Menciptakan penyajian materi yang bervatif dan menarik. Penyajian materi dalam bentuk permainan, diskusi atau kegiatan outdoor. Hal ini untuk mencegah siswa merasa bosan dengan pelajaran matematika.

Padukan matematika dengan dunia nyata

Menyampaikan materi pelajaran matematika dengan bercerita dan member contoh. Memahami matematika bukan dengan menghafal rumus matematika semata, melainkan dengan berfikir logis dalam memecahkan masalah matematis.

Gunakan media dan metode yang relevan

Untuk membantu daya serap anak didik dalam memahami materi, perlu menggunakan media dan metode, misalkan cara atau rumus cepat, menggunakan alat-alat peraga, dan beberapa metode lainnya. Tetapi media dan metode harus sesuai dengan materi dan kebutuhan anak didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun