Mohon tunggu...
Syinta FranciscaMargaretha
Syinta FranciscaMargaretha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Marilah menjaga pola hidup sehat

Marilah menjaga pola hidup sehat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Konsumsi Buah Lemon pada Infused Water sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

29 November 2021   21:00 Diperbarui: 29 November 2021   21:04 107 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Konsumsi Buah Lemon (Citrus limon) pada Infused Water Sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Oleh:

Annaafi Ramadhani

Syinta Francisca Margaretha

Universitas Brawijaya

Abstrak: Pandemi Covid-19 sedang dialami hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Covid-19 diketahui muncul pertama kali di Negara Cina tepatnya di Kota Wuhan. Tingkat kematian akibat virus ini relatif tinggi dan penyebarannya juga cepat. Virus ini umumnya menyerang individu dengan tingkat imunitas tubuh yang rendah. Dibutuhkan sumber konsumsi bagi masyarakat luas sebagai peningkat imunitas tubuh. Buah lemon (Citrus limon) adalah buah yang diketahui kaya akan kandungan antioksidan berupa vitamin C, fenol, dan saponin yang diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Salah satu alternatif pengolahannya adalah dengan dijadikan sebagai infused water.

Kata Kunci: buah lemon, antioksidan, Covid-19, imunitas tubuh

Wabah Coronavirus Disease atau lebih dikenal dengan covid-19 adalah virus yang diketahui muncul pertama kali di Negara Cina, tepatnya di Kota Wuhan pada tahun 2019. Virus ini kemudian menyebar ke banyak negara termasuk Indonesia. Covid-19 dianggap berbahaya karena tingkat infeksi dan kematiannya yang relatif tinggi dan perkembangannya yang cepat. Menurut situs covid19.go.id, korban yang meninggal akibat Covid-19 mencapai 143.457 jiwa per tanggal 3 Oktober 2021. Tentu hal ini membuat banyak masyarakat semakin cemas.

Virus corona menular melalui kontak antar manusia dan menyerang sistem pernafasan. Virus memerlukan tubuh manusia sebagai inang untuk tetap melakukan aktivitas kehidupannya. Tubuh manusia yang memiliki tingkat imunitas yang rendah menjadi sasaran bagi virus untuk berkembang sehingga menimbulkan infeksi. Oleh karena itu, peningkatan imunitas tubuh diperlukan untuk mengurangi risiko tertularnya Covid-19. Ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, yaitu berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, berjemur, beristirahat yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah lemon.

Buah lemon (Citrus limon) diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh pada manusia. Antioksidan memiliki manfaat untuk meningkatkan daya imunitas tubuh khususnya pada masa pandemi seperti saat ini untuk mencegah penularan Covid-19. Buah yang memiliki rasa masam ini memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C sebesar 49.593 g/ml dan fenol sebesar 110,25 mg GAE/100 ml. Buah lemon (Citrus limon) memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi daripada dan jeruk nipis (Citrus  aurantifolia). Buah lemon (Citrus limon) juga mengandung saponin. 

Peningkatan imunitas seharusnya menjadi salah satu fokus utama bagi setiap orang khususnya di masa pandemi Covid 19. Kasus yang terus meningkat tentu akan berdampak ke berbagai aspek. Masyarakat harus mulai mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi buah lemon, baik dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan