Mohon tunggu...
BEYOURMOON
BEYOURMOON Mohon Tunggu... Jurnalis - fangirl'

let me fly to my room. -♡

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sebuah Inspirasi dari Si Anak Singkong

10 Februari 2020   16:30 Diperbarui: 10 Februari 2020   16:31 1304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Chairul Tanjung, pengusaha Indonesia sukses yang sangat menginspirasi saya. Dia merupakan pemilik dari CT Group yang sebelumnya mempunyai nama PARA Group. Perusahaannya sudah berkembang pesat dan terkenal baik di dalam negeri hingga mancanegara. Layanan CT Group meliputi bidang media, finansial, properti, hingga pusat perbelanjaan. Contohnya, perusahaan televisi besar di Indonesia yaitu Trans TV dan Trans 7, Mega Bank, Trans Studio, dan Trans Mart.

Semua keberhasilannya itu ia dapatkan dengan jerih payah. Dia bukan berasal dari keluarga yang kaya raya. Waktu ia kecil, orang-orang disekitarnya memanggilnya dengan sebutan 'Si Anak Singkong'. 

Setelah saya membaca biografinya, saya banyak mendapatkan nilai-nilai kehidupan. Misalnya, pertama nilai sosial, Chairul Tanjung pandai membangun pertemanan dalam mengembangkan jaringan juga relasi. 

Menurutnya, itulah hal penting dalam bisnis. Baginya, pertemanan yang baik akan membantu seseorang mengembangkan bisnis yang dikerjakan. Saya setuju akan hal itu, karena dalam mengembangkan sebuah bisnis kita perlu banyak mendapat dukungan dan kerjasama yang baik dengan orang-orang demi tercapainya kesuksesan bisnis tersebut.

Kedua, nilai pengetahuan. Seperti yang saya tahu, Chairul Tanjung berasal dari keluarga yang kurang mampu. Demi memenuhi kebutuhan hidupnya, ketika kuliah ia mencoba untuk memulai bisnis, dari berjualan buku kuliah, baju, usaha fotocopy, hingga toko peralatan dokter dan lab. Walaupun bangkrut, ia terus mencoba hingga berhasil mendirikan perusahaan besar seperti sekarang ini. 

Dari situ, saya belajar untuk mencapai kesuksesan, kita harus terus bangkit meski jatuh sekalipun. Ia mengatakan, modal sangat penting dalam membangun bisnis, tetapi seorang pengusaha itu harus pandai memanfaatkan peluang. 

Sekecil apapun peluangnya, kita perlu mencoba untuk membuka gerbang kesuksesan itu. Selain itu, saya mendapatkan pelajaran darinya bahwa mencapai kesuksesan itu tidak semudah membalikan telapak tangan. 

Kita butuh kesabaran, integritas, dan pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan. Sukses itu adalah hak semua orang. Kita harus kerja keras, kerja cerdas, dan mau bergaul dengan siapa saja.

Terimakasih, bapak Chairul Tanjung yang telah menginspirasi saya hingga saya mendapat nilai-nilai hidup yang sangat berarti.

Saya berharap bapak sehat selalu dan terus menjadi teladan bagi generasi-generasi muda bangsa ini demi masa depan yang lebih baik. Dengan teladan-teladan yang bapak berikan, semoga saya dapat mencapai keberhasilan seperti yang bapak lakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun