Mohon tunggu...
Syifa Nur Rahmah
Syifa Nur Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Biologi Universitas Pendidikan Indonesia

Sedang melaksanakan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Belajar Anak dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi

29 Juli 2021   00:25 Diperbarui: 29 Juli 2021   00:28 326 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Belajar Anak dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi
1-610190dcb337b36f586ea352.png

Di masa pandemi ini banyak kegiatan yang mengharuskan stay at home atau tetap di rumah, salah satunya kegiatan belajar dan mengajar. Tentu saja, hal ini tidak disetujui oleh semua pihak bahkan banyak yang mengeluhkan metode belajar daring khususnya dari orang tua. Seperti pada SDN 7 Kota Kulon yang bertempat di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Kegiatan belajar dan mengajar dilaksanakan secara daring.

Berdasarkan survei yang telah dibagikan kepada orang tua siswa, banyak diantaranya yang mengeluhkan karena tidak mengerti dalam penggunaan aplikasi teleconference seperti zoom meeting atau google meet. Selain itu, banyak juga diantaranya yang mengeluhkan anak jadi kurang semangat, moody saat belajar, kurang mengerti materi dan malas belajar.

oleh karena itu, saya memberikan  beberapa tips belajar daring bagi anak selama pandemi:

  1. Tingkatkan motivasi belajar
    Meningkatkan motivasi belajar bagi anak bisa melalui semangat dan dorongan dari lingkungan sekitar.
  2. Jangan stress!
    Ketika belajar maka suasana harus menyenangkan dan tidak menimbulkan stress bagi anak. Siswa pun harus enjoy, terlalu larut belajar juga tidak baik.
  3. Jangan biarkan rasa malas
    Rasa malas akan selalu datang apalagi selama belajar, namun ketika rasa malas itu datang siswa harus bangkit dan jangan membiarkannya. Contohnya, ketika belajar jangan sambil tiduran atau bermain handphone dan membuka yang tidak perlu. Simpan hal-hal yang membuat konsentrasi belajar buyar dan lanjutkan belajar.
  4. Sering istirahat
    Belajar terus-menerus juga tidak baik, karena akan menimbulkan kejenuhan atau malah materi yang dipelajari tidak menyerap. Sebagai contoh, 1 jam belajar 30 menit istirahat, lalu kembali belajar dan istirahat. Saat istirahat, siswa dapat bermain atau melakukan kegiatan lain.
  5. Time management (Mengatur waktu)
    Mengatur waktu saat belajar itu penting, jangan sampai lupa waktu sehingga banyak kegiatan lain yann terbengkalai seperti telat makan, beribadah atau membersihkan diri. Jadi, sebaiknya siswa membuat schedule yang akan dilakukan setiap harinya.
  6. Ciptakan area belajar di rumah yang nyaman
    Area belajar yang nyaman dapat menimbulkan rasa semangat bagi anak untuk belajar. Anak juga akan semakin fokus dan paham terhadap materi yang diberikan.
  7. Simak dan catat materi yang diberikan
    Selalu menyimak dan mencatat materi yang diberikan, sehingga siswa mempunyai catatan sendiri untuk kembali dipelajari. Menurut penelitian juga menyebutkan bahwa saat menulis siswa akan semakin mengerti dan paham terhadap apa yang ditulis.
  8. Jangan malu bertanya
    Saat ada pertanyaan, maka siswa harus menanyakannya baik ke orang tua atau guru. Jangan malu bertanya, karena saat siswa bertanya maka siswa tersebut kritis terhadap apa yang dipelajari.
  9. Langsung kerjakan tugas. Jangan ditumpuk!
    Ketika ada tugas maka sebaiknya langsung dikerjakan agar tidak menumpuk. Karena, ketika tugas menumpuk siswa akan cenderung malas dan tidak semangat.
  10. Jaga kesehatan
    Hal yang penting adalah selalu jaga kesehatan, apalagi di masa pandemi ini kasus covid-19 yang belum menurun dan cenderung meningkat. Selalu makan teratur dan bergizi, istirahat yang cukup dan ketika keluar rumah selalu terapkan prokes.

2-6101914e06310e548e1b0762.png
2-6101914e06310e548e1b0762.png
Selain anak, orang tua juga berperan penting dalam pembelajaran daring. Orang tua harus membimbing anak dengan sebaik mungkin agar pendidikannya tidak terhambat.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan orang tua dalam membimbing anak belajar daring selama pandemi:

  1. Selalu memberi semangat kepada anak
    Anak harus selalu diberi dukungan agar motivasi belajarnya dapat meningkat.
  2. Menyiapkan fasilitas
    Belajar daring berarti semua kegiatan dilakukan secara online, maka tugas orang tua adalah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan anak selama belajar. Seperti device, kuota/WiFi, buku, dsb.
  3. Menciptakan tempat belajar yang nyaman
    Tempat belajar yang nyaman akan membuat anak menjadi lebih semangat dan fokus dalam belajar. Maka orang tua harus menyimptakan suasana area belajar yang nyaman dan menyenangkan.
  4. Aktif komunikasi dengan guru
    Orang tua harus aktif komunikasi dengan guru, agar pendidikan anak selalu terkontrol.
  5. Mendampingi saat proses pembelajaran berlangsung
    Saat proses pembelajaran, orang tua seharusnya selalu mendampingi anak agar ketika anak mengalami kesulitan orang tua bisa membantu.
  6. Selalu menjaga kesehatan anak dan keluarga
    Kesehatan anak dan keluarga merupakan hal paling penting apalagi di saat pandemi. Sudah kewajiban orang tua untuk menyiapkan makanan bergizi untuk menjaga imunitas tubuh anak dan selalu terapkan prokes saat berkegiatan keluar rumah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x