Mohon tunggu...
Syifa Nabila
Syifa Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

an INFJ

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tips Memilih Jurusan Kuliah

28 Januari 2023   10:56 Diperbarui: 28 Januari 2023   11:08 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Tips Memilih Jurusan Kuliah (Dokumen Pribadi)

Pemilihan Jurusan Kuliah merupakan salah satu proses penting saat akan masuk perguruan tinggi. Proses penting ini membutuhkan waktu yang lama untuk banyak orang. Sebab banyak pertimbangan yang harus dipertimbangkan. Untuk mempermudah proses penting ini, saya akan membahas bagaimana cara saya memilih Jurusan Kuliah. Berikut ini, tips memilih Jurusan Kuliah menurut saya. Sebelumnya, saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya.

Saat SMA, saya sangat tertarik dengan bidang yang membahas tentang alam. Jadi, saya mencari tahu tentang bidang yang membahas tentang alam. Bidang yang sangat membuat saya tertarik adalah bidang tentang laut. Saya bersyukur karena orang tua saya bukan tipe orang tua yang membatasi. Jadi, saya punya hak untuk memilih hal yang saya suka. Namun pertanyaan datang dari orang lain, mereka bertanya apakah bidang tersebut cocok untuk perempuan? Apa prospek kerja dari bidang tersebut? Karena saya suka pada bidang tersebut jadi saya tidak mendengarkan pertanyaan mereka. Pilihan saya adalah Oseanografi dan Ilmu Kelautan saat daftar SNMPTN dan SBMPTN. Namun saya tidak diterima sehingga saya mencoba CBT UM UGM. Karena UGM tidak mempunyai bidang tentang laut. Akhirnya pilihan saya adalah Kehutanan.

Kesalahan saya terletak pada saya yang tidak mencari tahu lebih dalam tentang Kehutanan. Sehingga bisa dikatakan, saya kaget saat mengetahui kehidupan anak Kehutanan itu sangat berat. Fisik dan mental harus kuat. Tapi satu yang saya pegang. Saya sangat tertarik dan sangat suka pada bidang ini. Walaupun berat, saya akan hadapi karena saya ingin mengetahui lebih dalam tentang bidang ini. Dari cerita tersebut, saya harap kamu bisa mendapat gambaran tentang pengalaman saya saat masuk perguruan tinggi.

Tips memilih Jurusan Kuliah. 

  • Pahami Minat dan Bakat
    • Hal pertama coba tanyakan apa yang membuat kamu tertarik. Harus yakin ya. Menurut saya rasa tertarik yang kuat dan rasa suka yang besar terhadap sesuatu itu sangat penting. Walaupun sangat berat, kamu masih bisa menghadapi sebab kamu punya rasa tertarik yang kuat dan rasa suka yang besar. Jadi kamu bisa menghadapi prosesnya.
  • Yakin bahwa Semua Jurusan Kuliah mempunyai Prospek Kerja
    • Jangan terlalu bingung tentang prospek kerja. Menurut saya, semua bidang pada perguruan tinggi mempunyai prospek kerja. Untuk apa perguruan tinggi membuka program studi tersebut apabila tidak mempunyai prospek kerja. Walaupun begitu tetap cari tahu prospek kerja dari bidang yang kamu minati. Hal ini untuk mengetahui apakah prospek kerja tersebut cocok dengan yang kamu harapkan. 
  • Cari Tahu tentang Jurusan yang diharapkan
    • Hal ini sangat penting. Jangan sampai menyesal karena tidak mencari tahu terlebih dahulu. Untuk mencari tahu lebih dalam, kamu bisa bertanya pada Google dan Youtube. Apabila mempunyai kenalan, kamu dapat bertanya pada mereka. Dengan mengetahui lebih dalam, kamu jadi paham apa yang akan kamu pelajari dan kelebihan serta kekurangan dari bidang tersebut.
  • Tanyakan Pendapat Orang Tua
    • Pendapat orang tua sangat penting. Coba cari waktu dan bahas tentang bidang yang kamu minati bersama orang tua. Kalau kamu belum punya gambaran, kamu bisa bertanya pendapat orang tua, bidang apa yang cocok dengan kamu. Hal tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan.
  • Jangan Peduli Kata Orang Lain
    • Jangan terlalu dengar apa yang orang lain bilang. Entah itu meremehkan kemampuanmu (menganggap kamu tidak mampu) atau mengganggap hal yang menjadi minatmu itu tidak bagus dan tidak mempunyai prospek kerja yang bagus. Ingat! Mereka tidak punya kuasa untuk membuat kamu terpengaruh. Kemampuanmu hanya kamu yang tahu.
    • Namun apabila ada orang memberi saran, dengarkan dan pahami dengan baik. Saran tersebut bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. 
  • Jangan Ikut Orang Lain
    • Dalam arti, disarankan untuk tidak mengikuti teman atau pacar tanpa mengetahui detail tentang bidang tersebut. Kalau kamu ingin mengikuti teman atau pacar, maka cari tahu tentang bidang tersebut terlebih dahulu. Sehingga kamu paham kekurangan dan kelebihan dari bidang tersebut. Akhirnya tidak akan timbul rasa menyesal dan kamu tidak akan menyalahkan orang lain.
  • Mohon Petunjuk pada Sang Pencipta
    • Jangan lupa untuk mohon petunjuk dari Sang Pencipta ya. Untuk yang Islam, bisa melaksanakan shalat Istikharah supaya mendapat petunjuk dari Sang Pencipta. Jangan lupa amalan yang lain ya. Yakin bahwa semua amalan tersebut akan mendapat balasan dari Sang Pencipta.

Nah, itu tadi sedikit cerita dari saya dan tips untuk memilih Jurusan Kuliah. Saya harap sedikit cerita saya dan tips di atas mampu memberi gambaran kamu dalam memasuki perguruan tinggi. Semangat ya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun