Mohon tunggu...
Syifa Maulida Hajiri
Syifa Maulida Hajiri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada

Syifa tertarik dengan dunia jurnalistik dan media kreatif, terutama dalam serba-serbi perfilman.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Bjorka: Hacker Kok Main Media Sosial, Betul Hacker atau Bukan?

16 September 2022   05:33 Diperbarui: 16 September 2022   05:34 541 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bjorka tampak aktif di situs ilegal. Gambar: tekno.kompas.com

Bjorka. Namanya berhari-hari nangkring di deretan trending. Anonim yang mengaku hacker ini sangat berbeda, spesial, daripada hacker pada umumnya. 

Saya rasa hacker biasanya bekerja diam-diam, sangat tersembunyi. Pasalnya hacker, terutama yang bekerja terkait dengan pencurian data, pastinya sadar kalau aksi mereka itu ilegal dan melanggar hukum. Nampaknya, Bjorka mengambil jalan lain. Ia justru dengan terbuka berinteraksi di media sosial, bahkan merespons permintaan pengikutnya hingga mengomentari pernyataan-pernyataan pemerintah Indonesia yang dilontarkan pada eksistensinya.

Sebagai hacker, Bjorka terlihat transparan dan terbuka terutama setelah ia mengungkap motif dibalik kasus kebocoran data yang ia jual di situs ilegal. Yang ia lakukan ini jauh berbeda dengan kebanyakan pada umumnya, apalagi jika mempertimbangkan potensi bahwa Bjorka ini akan lebih mudah ketahuan dengan keterbukaan interaksinya di media sosial.

Lantas pertanyaannya, kalau memang media sosial berpotensi dapat mempercepat didapatkannya identitas asli sang hacker, apakah cara Bjorka beraksi ini adalah tindakan bodoh? Apakah dia betulan hacker? Menurut pantauan saya di Twitter, sampai sekarang Bjorka terlihat masih aktif di situs ilegal yang digunakannya menjual data. 

Penangkapan Remaja Diduga Bjorka

Setelah Bjorka melancarkan aksinya, terutama ketika menyebarluaskan data pribadi para pejabat, pemerintah akhirnya mulai bekerja dengan membentuk tim khusus. Tim itu dibentuk untuk mengungkap Bjorka dan terutama bisa menangkapnya.

Informasi soal didapatkannya identitas terduga Bjorka ini saya lihat berseliweran di televisi, media massa online, hingga media sosial. Kabarnya polisi akan menangkap seseorang, ya orang Indonesia, yang katanya adalah Bjorka. Dugaan ini mengarah pada seorang remaja yang saya ketahui bekerja sebagai penjual minuman es, bahkan tidak memiliki komputer. Apakah ini salah tangkap?

Benar atau tidaknya penangkapan orang terduga Bjorka ini masih belum diketahui kebenarannya. Namun, yang jelas setelah remaja asal Madiun itu ditangkap, Bjorka masih aktif terlihat di situs ilegal buat menjual data itu. Bjorka bahkan juga mengetahui berita penangkapan "dirinya" itu dan memberi respons seakan meremehkan pemerintah.

Upaya Pemerintah Belum Tepat

Apapun yang terlihat dilakukan pemerintah saat ini, tidak akan menyelesaikan masalah data breach di Indonesia. Akar permasalahan ini bukan Bjorka. Yang membobol data pribadi masyarakat Indonesia itu bukan hanya Bjorka. Namun, memang Bjorka-lah hacker yang mendapat spotlight, mungkin karena aktivitasnya di media sosial yang menjembatani interaksi masyarakat dengan sang hacker ini.  Perbincangan di media sosial soal Bjorka pun juga menjadi lebih tinggi ketimbang perbincangan soal hacker lainnya.

Pemerintah memang sudah mengambil langkah dengan memburu Bjorka. Namun, sayangnya ada beberapa hal yang seharusnya terlebih dahulu mereka lakukan. Pertama, pemerintah harus mengakui dan meminta maaf atas terjadinya pembobolan dan penjualan data pribadi, baik itu yang dilakukan oleh Bjorka ataupun hacker lainnya. Jangan bikin statement-statement denial lagi soal keteledoran ini, apalagi sampai lempar-lemparan tanggung jawab antar institusi. Kedua, alih-alih menangkap Bjorka, pemerintah seharusnya terlebih dahulu membuat strategi keamanan siber yang lebih maksimal untuk melindungi data masyarakat. 

Siapa itu Bjorka masih menjadi misteri sampai saat ini. Keterbukaannya di media sosial pun tampaknya juga belum bisa membuka jalan timsus untuk menangkapnya. Bjorka masih selicin belut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan