Mohon tunggu...
Syifa Nurmaulidha
Syifa Nurmaulidha Mohon Tunggu... Mahasiswa

Semangat!!!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Budidaya Gurame

10 Desember 2019   22:00 Diperbarui: 10 Desember 2019   22:22 51 0 0 Mohon Tunggu...

PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
BUDIDAYA IKAN GURAME

GURU PEMBIMBING : Ibu Atna Fresh Violina Marrysca, M.Pd.

Nama      : Syifa Nurmaulidha
Kelas      : XI MIPA 6
Presensi  : 35

SMA NEGERI 1 PEMALANG
Jalan Jend. Gatot Subroto Pemalang 52319 Telepon (0284)321437
Faximile : (0284) 325226 e-mail : smansa_pml@yahoo.com

BUDIDAYA IKAN GURAME
BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang memiliki prospek cerah jika dibudidayakan dengan baik. Terlebih lagi ikan gurame banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai daging yang tebal dan rasa yang enak.

Ikan merupakan salah satu sumber protein bagi manusia, antara lain ikan gurame (Osphronemus gouramy) merupakan ikan asli perairan Indonesia yang sudah menyebar ke wilayah Asia Tenggara dan Cina. Merupakan salah satu ikan labirinth dan secara taksonomi termasuk famili Osphronemidae.

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya pertambahan penduduk yang diiringi dengan semakin meningkatnya kebutuhan protein hewani oleh masyarakat setiap tahunnya maka, perlu adanya peningkatan produksi ikan gurame, maka perlu adanya perluasan pembudidayaan ikan gurame dengan peningkatan produksi ikan secara massal, baik secara kuantitas maupun kualitasnya, sehingga dapat dijadikan sebagai komoditas baru terhadap ikan lain yang biasa dipasarkan. Manfaat Penulisan

1.      Bisa mengetahui pemberdayaan ikan gurame yang baik dan tepat
2.      Memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih tentang ikan Gurame (Osphronemus gouramy).
3.      Menambah wawasan tentang ikan gurame

BAB II
LANDASAN TEORI
A. SEJARAH SINGKAT
Gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merahsawo dan bagian perut berwarnakekuning-kuningan/ keperak-perakan. Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. 

Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar jenis lain. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya "Giant Gouramy", karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

B. JENIS IKAN GURAME
Klasifikasi ikan gurame adalah sebagai berikut: Klas                 : Pisces Sub Kelas        : Teleostei Ordo                : Labyrinthici Sub Ordo        :Anabantoidae Famili              : Anabantidae Genus              : Osphronemus Species            : Osphronemus goramy (Lacepede)

Jenis gurame yang sudah dikenal masyarakat diantaranya: gurami angsa, gurami jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Empat terakhir banyak dikembangkan di Jawa Barat, khususnya Bogor. Dibanding gurame jenis lain, porselen lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir. Karena itu masyarakat menyebutnya sebagai top of the pop, dan paling banyak diunggulkan.

C. MANFAAT IKAN GURAME
Sebagai sumber penyediaan protein hewani.
BAB III
PEMBAHASAN

Faktor pendukung budidaya gurame diantaranya ketersedian lahan yang masih luas, data dan informasi tentang teknik budidaya yang mudah didapat, pakan yang tersedia sepanjang waktu, serta benih ikan gurame yang didapat oleh pemerintah melalui Balai Benih Induk (BBI). Hal-hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan gurame adalah:

Lokasi Budidaya
Ada beberapa faktor yang penentu kualitas lahan antara lain kondisi tanah, suhu air, keasaman air, oksigen dan tingkat kesuburan air. Syarat pemilihan lokasi agar gurame dapat hidup dengan baik:
Ketinggian air 20-500 m dpl
pH ideal 6,5 sampai 7 dengan kesadahan 7 HD
Suhu 25-28 C
Jenis tanah berstektur liat yang gembur dengan kandungan pasirnya 40%
Oksigen yang memadai
Air yang kaya mineral dan zat-zat hara
Pembibitan
a.    Pemilihan Induk

Ciri-ciri induk ikan gurame yang baik adalah sebagai berikut:
1.      Memiliki sifat pertumbuhan yang cepat.
2.      Bentuk badan normal (perbandingan panjang dan berat badan ideal).
3.      Ukuran kepala relatif kecil
4.      Susunan sisik teratur,licin, warna cerah dan mengkilap serta tidakluka.
5.      Gerakan normal dan lincah.
6.      Bentuk bibir indah sepertipisang, bermulut kecil dan tidak berjanggut.
7.      Berumur antara 2-5 tahun.
b.     Pemeliharaan Induk

Induk-induk terpilih (20-30 ekor untuk kolam seluas 10 m 2 ) disimpan dalam kolam penyimpanan induk. Beri makanan selama dalam penampungan. Untuk setiap induk dengan berat antara 2-3 kg diberi makanan daun-daunan sebanyak 1/3 kg setiap hari pada sore hari. Makanan tambahan berupa dedak halus yang diseduh air panas diberikan 2 kali seminggu dengan takaran 1/2 blekminyak tanah setiap kali pemberian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x