Mohon tunggu...
Syifa Elsa
Syifa Elsa Mohon Tunggu... Belajar untuk menulis

Menulis agar tidak lupa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

8 Juni 2019   20:55 Diperbarui: 8 Juni 2019   21:05 154 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi
education-design-elements-colored-human-learning-tools-decoration-6827420-5cfbc0943ba7f749c13a7ae2.jpg


     

   Perkuliahan adalah wadah bagi mahasiswa untuk membuka wawasan yang lebih luas, jika dulu saat di bangku sekolah dasar, smp atau sma kita dikenalkan dengan ilmu-ilmu pengantar,  maka perkuliahan adalah tempat untuk memperdalam dan mengembangkan ilmu yang telah kita pelajari untuk lebih luas lagi.
     Menjadi mahasiswa banyak pertanyaan-pertanyaan yang mengitari pola pikir kita, diumur yang sudah menginjak kepala dua ini apakah kita sudah berkontribusi untuk orang lain, jika tokoh-tokoh terdahulu seperti Raden Ajeng Kartini ketika diumur delapan belas tahun mampu sebagai penggerak pendidikan wanita dan berjasa hingga saat ini, lah kita sudah berkontribusi apa selama ini?. Apakah sudah cukup berhenti dengan nilai-nilai di KHS kita masing-masing?
     Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang seimbang, antara akademik, aktif organisasi juga prestasi non akademik. Berikut adalah tips untuk menjadi mahasiswa berprestasi :

1. Aktif Di Kelas,  Tangan Kanan Dosen
     Salah satu cara untuk melatih seberapa luas pengetahuan yang kita dapatkan adalah melalui aktif dikelas, bertanya atau berdiskusi ketika persentasi. Dan berkomunikasi baik baik sesama mahasiswa maupun dosen, alih-alih bisa menjadi tangan kanan dosen. dan perlu di ingat penting menjaga adab sopan santun dan jarak kepada dosen.

2. Mengikuti Event Lomba internal kampus atau Ekstrenal    
     Salah satu cara untuk mengukur kemampuan yang kita miliki adalah dengan mengikuti lomba atau event-event  baik didalam kampus atau diluar kampus. Menang atau kalah bukanlah tujuan melainkan untuk motivasi agar memiliki pengalaman berkompetisi,dan pula menumbuhukan sikap sportivitas. Ikut lomba juga untuk melatih mental agar siap kalah dan siap menang. Ini penting kalau kamu nanti nyalon jadi presiden . hehe

3. Aktif Organisasi di Kampus maupun di luar kampus
     Banyak sekali jenis organisasi yang akan kita temui ketika mengenyam pendidikan di perkuliahan, semua bertujuan sama untuk menampung bakat dan minat dari masing-masing mahasiswa tinggal kita mengambil atau tidak. Sebab organisasi adalah salah satu cara untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki, terutama ilmu sosial, dan ilmu komunikasi.
    Carilah organisasi yang mengajak untuk menumbuhkan kreatifitas dalam belajar dan berinovatif untuk kebaiakan generasi nusa dan bangsa, yang tidak mengajak untuk cepat menikah ~

4. Belajar Public Speaking Dan Persentasi Di Depan Umum
     Belajar menyampaikan pendapat dan argument kita dengan baik, ini salah satu skill yang harus dikembangkan dan tidak semua mahasiswa bisa menguasai public speaking. Karena perlu mental, percaya diri, ilmu dan pengetahuan yang luas. Untuk itu perlu berlatih public speaking, kalau kata pepatah lama " Penulis yang baik lahir dari pembaca yang baik, Pembicara yang baik lahir dari pendengar yang baik."

5. Sharing is Caring
      Sempatkan untuk peduli hal-hal sosial. Sekali sebulan, berikan kesempatan untuk saling berbagi (bakti sosial ) dengan komunitas atau teman yang bisa diajak untuk baksos, tujuannya selain untuk menumbuhkan sikap simpati adalah sebagai pengalaman untuk diri sendiri

6. Belajar Menulis
     Sebagai mahasiswa, membaca adalah kegiatan wajib yang tidak boleh ditinggalkan, seperti pepatah lama, membaca adalah jendela dunia. Memang betul, selain belajar dengan guru di kelas, membaca adalah guru kita setiap kita membukanya. kemudian, belajar sedikit demi sedikit untuk menulis yang telah kita dapatkan, entah berupa essay, artikel, atau karya tulis ilmiah. So, kegiatan membaca dan menulis adalah dua hal yang mulai untuk ditumbuhkan.

      Tips diatas adalah beberapa usaha  agar tidak menjadi mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang yang sumbernya saya ambil di Instagram @perpustugm.

     Selain itu, ada pula tips mahasiswa sukses ala dosen saya, kunci sukses mahasiswa adalah harus bisa mengambil salah satu dari tiga ini, yaitu fokus akademik atau organisasi/birokasi atau berbisnis.
     Ketika seseorang benar-benar fokus , militan pada akademiknya maka, dia akan menjadi seorang yang handal pada bidangnya, misalkan PAI atau ilmu agama. jika militan terhadap matkul PAI atau ilmu agama maka bisa menjadi guru/dosen PAI yang terfokus pada bidangnya. Focus pada ilmu kedokteran, maka akan menjadi dokter yang handal pada bidangnya, dll
     Ketika seseorang bisa mengembangkan organisasi/birokasi saat menjadi mahasiswa, maka ia akan  berpeluang dengan bakatnya di organisasinya kelak, misalkan bakat birokasi maka juga bisa berpeluang sebagai politisi.
     Ketika seseorang bisa berbisnis ketika menjadi mahasiswa, maka ia juga mampu berpeluang sebagai pengusaha.
    So, silahkan ambil salah satu dari tiga tersebut atau tanamkan tiga-tiganya malah lebih baik. Pada dasarnya, banyak cara untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Asalkan kita juga tetap memiliki prinsip dalam diri, dan tetap berproses. Karena tidak semua bunga mekar secara bersamaan. Salam sukses

Source : I Made Andi Arsana (UGM)  / Instagram @perpustugm



VIDEO PILIHAN