Mohon tunggu...
Syifa Dwirahmalia
Syifa Dwirahmalia Mohon Tunggu... Mahasiswa di Universitas Padjadjaran

Sedang menempuh studi di Universitas Padjadjaran dengan Program Studi Perikanan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dimsum Udang, Jajanan Sehat dan Bergizi

1 Desember 2020   11:30 Diperbarui: 1 Desember 2020   11:31 351 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dimsum Udang, Jajanan Sehat dan Bergizi
Dokumentasi Pribadi

Oleh :  Syifa Dwirahmalia F(1) dan Junianto(2)

(1) Mahasiswa Program Studi Perikanan UNPAD

(2) Dosen Program Studi Perikanan UNPAD

Dimsum merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari negeri Cina yang sangat menggugah selera berasal dari bahasa kanton yang artinya makanan ringan yang dikukus, dimsum biasa disajikan dengan saus sambal sebagai penikmat rasa. 

Dimsum merupakan makanan ringan yang memiliki nilai gizi tinggi, biasanya berisi daging, ayam, ikan, udang. Penyajian dim sum yang praktis membuat kepopuleran dimsum di Indonesia cukup luas, sangat diminati dan digemari oleh masyarakat Indonesia karena masyarakat Indonesia cenderung menyukai hal yang praktis (Apriani 2015).

Siomay merupakan salah satu jenis dimsum yang banyak dijual di restoran cina maupun pedagang kaki lima di Indonesia. Menurut SNI 7756:2013, siomay merupakan produk olahan hasil perikanan dengan menggunakan minimum 30% lumatan daging ikan/udang dan atau surimi, tepung dan bahan-bahan lainnya, kemudian dibentuk dan dibungkus dengan kulit pangsit yang mengalami proses pengukusan (SNI 2013). 

Syarat mutu siomay menurut SNI (2013) adalah memiliki kadar air maksimal sebanyak 60%, kadar abu maksimal 2,5%, kadar protein minimal 5%, dan kadar lemak maksimal 20%.

Cara pembuatan siomay hampir sama dengan membuat bakso dan pempek, tetapi berbeda sedikit pada tahap proses pengolahan akhir dan penyajiannya. Kalua siomay mempunyai kulit dan disajikan dengan cara dikukus, sedangkan bakso direbus, dan pempek digoreng, dalam cara pengonsumsiannya pun disajikan dengan bumbu-bumbu yang berbeda pula.

Adaptasi rasa masakan indonesia menjadikan berbagai jenis variasi siomay berdasarkan daging isian, ada siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Udang vaname merupakan komoditas perikanan yang dijadikan isian siomay. Kandungan gizi udang vaname sangat baik, dimana protein yang terdapat dalam daging udang cukup tinggi. 

Udang vaname memiliki komposisi asam amino yang lebih lengkap dari daging hewan darat, diantaranya tirosin, triptofan, dan sistin. (Sahubawa dan Ustadi 2014). Dalam 100 gram daging udang terdapat 106 kkal energi, 20,35 gram protein, 1,77 gram lemak, 53 mg kalsium, Vitamin A, Vitamin C, dan Zat besi (USDA 2018).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x