Mohon tunggu...
Syifa Awaliyah
Syifa Awaliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurnalistik Semester 1 FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hidup itu sederhana, yang hebat hanya tafsirannya. Jangan lupa untuk tidak percaya pada katanya, namun pada nyatanya

Selanjutnya

Tutup

Seni

Jurnalistik Fair Hadirkan Live Painting bersama Edi Bonetski di J-Exhibition

1 Desember 2022   17:53 Diperbarui: 11 Desember 2022   08:29 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : dok. Jurnalistik Fair 2022/Zharfan Zahir

UIN Syarif Hidayattullah Jakarta memiliki 12 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, yang mana merupakan fakultas dengan peminat terbanyak setelah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Salah satu program studi yang paling banyak diminati di fakultas yang sering disebut “Fakultas Dakwah” ini adalah Program Studi Jurnalistik, yang mana program studi ini baru berdiri sejak tahun 2018. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Jurnalistik sendiri hadir sebagai wadah bagi mahasiwa Jurnalistik yang tertarik mengembangkan kinerja dan program kerja yang dibuat. Salah satu program kerja yang sekaligus merupakan salah satu acara besar di setiap tahunnya adalah Jurnalistik Fair, dan acara ini sekaligus memperingati Milad Program Studi Jurnalistik sendiri.

Sumber : dok. Jurnalistik Fair 2022/Zharfan Zahir
Sumber : dok. Jurnalistik Fair 2022/Zharfan Zahir

Jurnalistik Fair 2022 dilaksanakan mulai dari Hari Sabtu, 1 Oktober 2022 dan ditutup pada Hari Rabu, 26 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Urban: This Is A Story That Appears And Continues to Grow, as Urban Concrete Thrives”. Jurnalistik Fair membagi 3 rangkaian, salah satunya adalah J-Exhibition pada Hari Selasa dan Rabu, (25-26/10/2022) di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menampilkan pameran foto jurnalistik, live painting dan workshop dengan beberapa tokoh publik, dan ditutup oleh penampilan Teater Syahid, KMM RIAK, dan Karaoke Rangers. Pada Hari Selasa, pameran sudah bisa dibuka untuk umum dan mengundang Edi Bonetski sebagai pemateri live painting dan workshop. Edi mengajukan konsep live painting bahwa peserta yang menghadiri J-Exhibition dibebaskan untuk mencoret-coret di papan lukisan terlebih dahulu. Setelah itu, Edi akan melanjutkannya hingga menjadi sebuah karya milik Edi Bonetski dan peserta. Edi memberi nama karyanya dengan “Journal is Me”. Kemudian, lukisannya dibawa ke dalam aula dan langsung membuka sesi workshop. Workshop yang diisi oleh Edi ini membawakan topik dan pandangan terkait lukisan yang sudah dibuatnya, serta berbagi ilmu yang dimilikinya sebagai seniman terkait seni lukis dan perkotaan.

Sumber : dok. Jurnalistik Fair 2022/Zharfan Zahir
Sumber : dok. Jurnalistik Fair 2022/Zharfan Zahir

Jurnalistik Fair diadakan secara umum guna berbagi informasi yang bermanfaat agar memberikan kesadaran pada khalayak akan adanya peluang untuk berkolaborasi dan berkarya, khususnya di bidang kejurnalistikan. Kholis Ridho, M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Jurnalistik beserta jajarannya turut mengapresiasi dan mendukung berjalannya Jurnalistik Fair. Sesuai temanya, acara tahunan ini sekaligus memberikan wawasan terkait berbagai aspek perkotaan yang ada melalui unsur seni. Tentunya acara ini seringkali ditunggu-tunggu bagi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sendiri, terutama yang memiliki minat di bidang broadcasting, fotografi, dan sejenisnya, terutama dengan hadirnya pameran foto jurnalistik akan menambah perhatian bagi peserta J-Exhibition yang sudah mengikuti rangkaian Jurnalistik Fair dari awal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun