Mohon tunggu...
Syifa Amalia
Syifa Amalia Mohon Tunggu... Pencerita

Sedang kuliah jurusan Sastra Indonesia. Find me on Instagram @syifaamaliac.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

"Laut Bercerita", Merawat Ingatan sebagai Seni Bertahan Hidup

23 April 2020   20:22 Diperbarui: 24 April 2020   13:25 110 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Laut Bercerita", Merawat Ingatan sebagai Seni Bertahan Hidup
sumber : pinterest

Judul Buku      : Laut Bercerita

Pengarang       : Leila S. Chudori

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Tebal buku      :  x + 379 halaman

ISBN                  :  978-602-424-694-5

Peristiwa hilangnya aktivis mahasiswa pada tahun 1998 tentunya masih lekat di ingatan. Sebuah fakta sejarah yang tidak boleh luput dari catatan dan terlupakan begitu saja. Bagaimana kegigihan mahasiswa yang turun ke jalanan untuk menolak rezim yang saat itu begitu represif di negara ini.

Suasana itulah yang berusaha ditampilkan dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori ini.  Berlatar pada kondisi Indonesia pada tahun 1991 dimana pergerakan mahasiswa saat itu mulai diawasi. 

Kegiatan-kegiatan yang dianggap menyimpang seperti mendiskusikan buku-buku “kiri”, terlibat aksi membela petani dan buruh, segera dibredeli. Sebagian dari mereka diculik dan disiksa sebelum akhirnya dibebaskan.

Novel ini menceritakan tokoh bernama Biru Laut yang menjadi bagian dari pergerakan mahasiswa pada saat itu. Hidupnya seketika berubah semenjak ia bergabung dengan sekolompok mahasiswa yang menamai diri mereka dengan Wirasena dan Winatra. 

Bermarkas di Rumah Hantu Seyegan, Yogyakarta mereka melakukan semuanya disini. Laut seperti menemukan keluarga yang baru setelah bertemu dengan Kinan, Alex, dan yang lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN