Mohon tunggu...
Syifa Ainun
Syifa Ainun Mohon Tunggu... Santri Ma'had

Jangan mudah menyerah karena semua butuh proses dan usaha

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Metodologi Studi Islam

11 Desember 2019   13:35 Diperbarui: 11 Desember 2019   13:32 4 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian Metodelogi studi Islam

Metodologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu method dan logos. Method artinya cara sedangkan logos berarti ilmu. Secara bahasa, metodologi berarti ilmu tentang cara. Dan studi sendiri berarti mempelajari atau mengkaji. Sedangkan islam artinya selamat dan berserah diri. Jadi secara istilah metodologi studi islam adalah pengkajian dengan penggambaran(deskripsi), penjelasan dan pembenaran (justifikasi) dengan cara ini bisa cepat terselesaikan dan hasilnya memuaskan.

B. Pembagian metodologi studi Islam
1. Metode Sosio historis

Yaitu metode yang mempunyai hubungan dengan sejarah
dikarenakan Islam memiliki banyak aspek dalam budaya dan lingkungan

2. Metode fenomenologi

Metode ini yaitu metode yang mengkaji pendekatan yang beragam dan hal ini mempunyai tujuan agar pemahaman tentang Islam menjadi utuh dan universal. Juga harus berpegang teguh ke berbagai negara dan sejarah.

3. Metode filologi

Kata filologi sendiri artinya metode penelitian berdasarkan analisis teks. Istilah filologi berarti suatu metode yang mempelajari dan meneliti naskah-naskah lama untuk mengerti apa yang terdapat di dalamnya sehingga diketahui latar belakang kebudayaan masyarakat.

4. Metode komparatif

Metode komparatif merupakan metode perbandingan antara yang satu dengan yang lain. Metode ini dimaksudkan untuk menemukan tipe, corak atau kategori suatu pemikiran kemudian memposisikan nya dalam peta pemikiran secara umum.

VIDEO PILIHAN