Mohon tunggu...
Syifa azzahraputri
Syifa azzahraputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bersama Unnes GIAT 3 Desa Gondowulan Membangun Kesadaran terhadap UU ITE

9 Desember 2022   20:07 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:18 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gondowulan, Kepil, Wonosobo (24/11/2022) - Dalam Undang-Undang ITE yang dimaksud dengan:

Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya. Sedangkan Transaksi Elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya.

Dokpri
Dokpri

kesadaran hukum masyarakat adalah nilai yang hidup di masyarakat dalam bentuk pemahaman dan ketaatan atau kepatuhan masyarakat terhadap norma hukum dan perundang-undangan yang berlaku. namun, faktanya tidak semua masyarakat mendapatkan kesamaan akses informasi hukum dan aturan perundang-undangan di Indonesia. 

masyarakat indonesia sangat majemuk. tidak semua memiliki aksesibilitas mudah dalam mendapatkan informasi hukum. apabila fiksi dan adagium hukum tersebut secara kaku diterapkan kepada seluruh masyarakat, maka akan ada golongan masyarakat tertentu yang menjadi korban dari ketidaktahuan atas hukum.

Dokpri
Dokpri

maka dari itu, Mahasiswa UNNES Giat angkatan 3 Desa Gondowulan melaksanakan sosialisasi mengenai UU ITE kepada Perangkat Desa Gondowulan pada Kamis (24/11). Acara ini dihadiri oleh perangkat desa dan ketua RT RW.

Tujuan diadakannya sosialisasi "Desa sadar UU ITE" yaitu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial terutama apabila mendapati berita atau informasi yang belum dipastikan kebenarannya, harapannya dengan ada kegiatan ini masyarakat desa dapat memutus rantai hoax, perjudian, pencemaran nama baik, menyebarkan video/gambar asusila, dan perbuatan yang dilarang dalam UU ITE, selain itu diharapkan juga masyarakat desa dapat memahami UU ITE khususnya terkait materi perbuatan yang dilarang dalam UU ITE serta ketentuan pidananya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun