Travel Pilihan

Surga yang Hilang di Pulau Seram, Maluku Tengah

10 November 2018   19:42 Diperbarui: 10 November 2018   20:14 312 2 0
Surga yang Hilang di Pulau Seram, Maluku Tengah
Dok. Pribadi

Pantai selalu menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Entah itu libur hari raya atau libur akhir tahun. Pantai tidak pernah salah memanjakan manusia yang ingin bersantai dengan orang terdekatnya, atau sekadar menjadi pelarian dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di libur tahun baru adalah Pantai Ora di Pulau Seram, Maluku Tengah. Pantai ini sering dijuluki sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang terpencil---di balik gunung.

Untuk mencapai Pantai Ora, kamu bisa booking tiket pesawat dengan tujuan Ambon lewat aplikasi Pegipegi. Caranya, download aplikasi dari PlayStore atau iOS lalu pilih jadwal penerbangan yang diinginkan.

Screenshot Pegipegi
Screenshot Pegipegi
Screenshot Pegipegi
Screenshot Pegipegi
Sampai di Ambon, kamu bisa menumpang kapal cepat yang berangkat dari Pelabuhan Tulehu menuju Pelabuhan Amahai. Perjalanan ini akan memakan waktu selama 2,5 jam. Selanjutnya, dari Pelabuhan Amahai sebaiknya carter mobil menuju Desa Saleman sebab tidak ada angkutan umum yang langsung menuju Saleman.

Sepanjang perjalanan menuju Desa Saleman, kita akan menaiki gunung yang dikelilingi hutan. Tidak ada hal lain di kiri dan kanan selain beragam jenis pepohonan. Satu lingkungan dengan tempat ini adalah Taman Nasional Manusela.

Perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 3 jam dan jalan di gunung ini tidak terlalu baik, sehingga jangan lupa menyiapkan obat anti mabuk untuk yang sering mabuk di kendaraan.

Mendekati Pantai Ora, kita dibawa menuruni gunung karena pantai berada di baliknya. Sebelum turun dengan sempurna, kita akan dibuat merinding oleh pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Dari atas gunung, kita bisa melihat lautan yang jernih dan pondokan-pondokan dengan latar belakang pegunungan di kejauhan. Sewaktu penulis berkunjung ke sana, kami disambut pelangi yang melengkung, memeluk pegunungan. Sayang sekali foto yang mengabadikan pesona tersebut sudah hilang.

Dari Desa Saleman, perjalanan dilanjut dengan kapal kecil selama 5-10 menit. Setelah itu, kita akan sampai di Pantai Ora. Rasa lelah setelah berjam-jam di perjalanan akan hilang dengan sendirinya setelah melihat keindahan Pantai Ora yang luar biasa.

Julukan Pantai Ora sebagai surga tersembunyi memang benar adanya. Pantai ini terdiri dari pasir putih dan beragan terumbu karang yang nampak sangat jelasb dilihat dari atas air. Pondokan kayu yang berada di atas air dengan latar belakang pegunungan menambah indahnya pemandangan. Dari pondokan, kita dapat melihat langsung ikan-ikan kecil dan terumbu karang tanpa snorkeling sebab airnya sangat jernih.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Ketika mampir di Pantai Ora, jangan lupa untuk bertandang ke Air Mata Belanda dan Tebing Batu. Nikmatilah air laut yang sedingin es di Air Mata Belanda. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan snorkeling di sekitar Pantai Ora sebab pemandangannya fantastis.

Dengan segala keindahan yang dimiliki Pantai Ora, pantai ini sering dijuluki Maldives-nya Indonesia. Bukan omong kosong belaka sebab memang betul adanya. Keindahan pantai yang magis membuktikan bahwa wisata Indonesia tidak kalah dari wisata luar negeri. Jadi tunggu apalagi, segera booking tiket pesawat di Pegipegi dan nikmatilah keindahan Pantai Ora! Pegipegi yuk!