Mohon tunggu...
Kuliner

Mengintip Keberagaman Makanan Khas Kota Gresik

4 Juni 2019   10:59 Diperbarui: 4 Juni 2019   11:26 0 2 1 Mohon Tunggu...

Gresik merupakan salah satu kota kecil yang berada di provinsi jawa timur. Selain terkenal sebagai kota industri greik juga terkekal akan tradisi seperti tradisi rebo wekasan, tradisi malem selawe dan pasar bandeng / lelang bandeng.

Selain itu gresik juga dikenal sebagai kota wisata religi karena terdapat dua makam sunan yang pertama makan sunan giri dan yang kedua adalah makan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Jika membahas mengenai wisata rasanya ada yang  kurang jika tidak mencicipi makanan khas dari Kota Gresik dan membawa buah tangan khas Kota Gresik.

Gresik memiliki banyak sekali makanan khas ada yang berupa makananan berat dan kue kue manis. Berikut makanan -- makanan khas dari Kota Gresik.

1. Nasi krawu

Nasi krawu merupakan salah satu makanan khas Gresik yang banyak diminati masyarakat tak terkecuali masyarakat Kota Gresik

Salah satu keistimewaan Nasi Krawu ini terletak pada lauk pauknya yang terdiri dari daging suwir, serundeng dan sambalnya. Daging suwir ini merupakan daging sapi yang dimasak bersama jeroan sapi seperti babat, usus, hati dan kemudian disuwir-suwir. Lalu untuk serundengnya disajikan dalam dua varian warna, yaitu kuning dan merah. Sedangkan untuk sambalnya merupakan sambal pedas yang memiliki rasa khas dan sangat menggugah selera.

Walaupun dikenal sebagai makanan khas dari kota Gresik, namun sebenarnya Nasi Krawu berasal dari Madura. Makanan ini kemudian dibawa ke Gresik oleh para pendatang dari madura yang mencoba berjualan di sana. Karena rasanya yang khas dan sangat nikmat, Nasi Krawu ini mulai dikenal oleh masyarakat Gresik dan menjadi salah satu makanan khas di sana.

Banyak orang yang mengatakan bahwa istilah Nasi Krawu itu berasal dari "orang yang melayani dengan krawuk -krawuk"(Bahasa Gresik ) , tapi sebenarnya bukan demikian.

 Istilah Nasi Krawu merupakan salah satu komponen nasi krawu, yaitu parutan kelapa yg dikasih bumbu utamanya cabe merah. Itulah asal muasal nasi krawu.

2. Sego roomo  

Sego roomo merupakan salah satu makanan khas Gresik yang banyak diminati mayarakat Gresik. Makanan ini banyak dijual dipagi hari karena cocok disantap sebagai sarapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3