Mohon tunggu...
Syarifatul Mukaromah
Syarifatul Mukaromah Mohon Tunggu... syarifatul mukaromah

tentang apapun

Selanjutnya

Tutup

Digital

Konvergensi Media

15 April 2021   19:58 Diperbarui: 15 April 2021   19:59 41 1 0 Mohon Tunggu...

Syarifatul Mukaromah

1900030370 / ilkom G

Universitas Ahmad Dahlan

Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik. 

Konvergensi akan mudah dibayangkan jika menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop (kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut adalah peritiwa konvergensi.

istilah konvergensi ini bisa dipadukan dengan kata-kata lainnya, misalnya dalam konteks ini adalah media. Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi

Untuk memahami konvergensi media, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu konvergensi. Sejatinya tidak ada definisi tunggal untuk konvergensi. Gordon (2003) menyatakan bahwa istilah konvergensi berasal dari matematika dan ilmu pasti. Gordon mengindikasikan ketidakyakinannya tentang siapa yang pertama kali menerapkan istilah konvergensi dalam bidang media. Hal itu kemudian terbantahkan dengan didiskusikannya sebuah mode konvergensi yang dilakukan oleh Pools (1983) dalam bukunya Technologies of Freedom. Menurut Pools, mode konvergensi datang bersamaan dengan percakapan, hiburan, berita, dan media lainnya.

Sementara itu, menurut Henry Jenkins (2006), yang dimaksud dengan konvergensi adalah kata yang mengatur untuk menggambarkan perubahan teknologi, industri, budaya, dan sosial yang bergantung pada siapa yang berbicara dan apa yang mereka pikir mereka sedang membicarakannya. Terakhir, definisi selanjutnya dirumuskan dalam Dictionary of Media, yang menyatakan bahwa istilah konvergensi merujuk pada konvergensi media yaitu proses dimana media lama dan media teknologi baru tersedia secara terpisah atau bersama-sama melalui digitalisasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa konvergensi media merujuk pada konvergensi yaitu gagasan mengenai bentuk media tradisional yang perlahan menghilang dan beralih secara bersama-sama ke internet.

Jenis

Konvergensi tidak hanya terbatas pada teknologi. Ahli teori media yang bernama Henry Jenkins berpendapat bahwa konvergensi bukanlah hasil akhir namun sebuah proses yang mengubah bagaimana media diproduksi dan dikonsumsi.

Menurut Jenkins, terdapat lima proses yang mengubah media diproduksi dan dikonsumsi, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN