Mohon tunggu...
Syarif Enha
Syarif Enha Mohon Tunggu... Manusia yang selalu terbangun ketika tidak tidur

Manusia hidup harus dengan kemanusiaannya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sembilan Prinsip Menjadi Pemimpin Handal

24 Juli 2020   05:32 Diperbarui: 24 Juli 2020   05:40 74 3 0 Mohon Tunggu...

Jim Clemmer melalui bukunya yang diterjemahkan dalam judul "Sang Pemimpin; Prinsip Abadi untuk Keberhasilan Tim dan Organisasi" menyatakan ada sembilan prinsip utama menjadi seorang pemimpin handal:

  1. Yakinlah bahwa anda unik; mampu menemukan perbedaan gaya dan menemukan arah baru.
  2. Fokus kepada hasil; jangan mudah untuk terpecah perhatian.
  3. Mengambil tanggung jawab, dan jadilah pemenang.
  4. Outentik; apa adanya dengan naluri.
  5. Punya kemauan dan komitmen.
  6. Bersemangat dan menemukan makna di setiap hal.
  7. Menumbuhkan kerjasama.
  8. Mampu memobilisasi dan memperkuat jaringan.
  9. Berani bertindak.

Selain kesembilan prinsip di atas, Jim Clemmer juga menyampaikan tiga kapasitas yang harus dimiliki seorang pemimpin, yaitu pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Untuk menjadi pemimpin yang baik semua harus positif, karena jika saja sikapnya negatif, maka pengetahuannya yang setinggi apaun hanya akan menghasilkan kerusakan.

Satu hal lain yang menarik adalah ulasan mengenai penemuan masalah yang ditawarkan oleh Jim Clemmer. Seringkali orang merasa kesulitan menemukan apa sebenarnya yang menjadi masalah. Dicontohkan oleh Istoto, jika anda besok ujian, banyak tugas yang harus dikerjakan, dan malam harinya ternyata listrik di rumah anda mati. Apa sebenarnya yang menjadi masalah?

Kebanyakan orang akan mengatakan listrik mati adalah masalahnya. Padahal listrik mati adalah fakta. Masalah sebenarnya adalah kita tidak bisa mengerjakan tugas dan belajar di rumah. Maka solusi mudah kita peroleh, mungkin belajar di bawah tiang listrik di pinggir jalan, atau kerjakan tugas di pos ronda yang listriknya tidak mati.

"Pemimpin yang baik adalah yang dapat menemukan masalah inti, yang bukan hanya menyatakan fakta-fakta sebagai masalah, sehingga dia bisa menemukan jalan keluar yang tepat dan cerdas."

Kita sering dihadapkan pada kenyataan yang tidak kita kehendaki. Misalnya harus bertemu dengan orang-orang yang tidak satu visi dalam satu organisasi, berhadapan dengan situasi yang sulit diubah, semuanya bisa menhadirkan frustasi. Dalam hal kepemimpinan, masalah tersebut adalah tantangan yang harus menjadi pemantik dalam perpikir, bersikap dan mengambil keputusan yang positif.

"Guru sejati bukan yang memiliki banyak murid, tapi yang bisa menciptakan banyak guru baru. Pemimpin sejati bukan yang memiliki banyak anak buah, tetapi yang mampu menciptakan para pemimpin-pemimpin baru." Pemimpin adalah idol bagi orang yang dipimpinnya. Pemimpin akan menjadi inspirasi.

Syarif_Enha@Sorogenen, Juli, 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x