Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 34 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor serta penasehat Forum TBM Kab. Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ngobrol Santai Forum TBM Bogor, Promosikan Aktivitas Literasi

23 September 2021   21:13 Diperbarui: 23 September 2021   21:17 113 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: FTBM Kabupaten Bogor

Pegiat literasi dan pengelola taman bacaan di mana pun harus terus bergerak. Di samping terus memompa energi untuk menjadikan taman bacaan lebih berdaya. Karena itu, Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Kabupaten Bogor menggelar "Ngobrol Bareng" pegiat literasi. Sebagai sarana berbagi inspirasi dan cerita, tentang apa yang perlu dioptimalkan dari gerakan literasi.

Bertajuk "Membangun Generasi Cerdas lewat Kampung Literasi", bertindak sebagai narasumber Syarifudin Yunus, Penasihat FTBM Kab. Bogor sekaligus Pendiri TBM Lentera Pustaka dengan moderator Sitta Alia. Ketua Forum TBM Kab. Bogor dan Pengelola Perpustakaan KAIT Plus pada Kamis, 23 September 2021.

Selain berbagi cerita program Kampung Literasi Sukaluyu - TBM Lentera Pustaka sebagai satu-satunya taman bacaan yang dipilih Direktorat PMPK Kemdikbud RI dan Forum TBM. Sebagai upaya meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Maka harus ada ikhtiar pegiat literasi untuk mempersiapkan program kampung literasi di masa depan. Menurut rencana, Kampung Literasi Sukaluyu akan dicanangkan pada Minggu, 14 November 2021 di TBM Lentera Pustaka Bogor.

Untuk itu, ada 3 hal yang patut dilakukan pegiat literasi dan taman bacaan dalam menjalankan aktivitasnya. Yaitu 1) memastikan kinerja taman bacaan optimal, 2) perlunya promosi atas setiap aktivitas literasi di taman bacaan, dan 3) pentingnya kolaborasi taman bacaan dengan komunitas atau pihak ketiga untuk mendukung gerakan literasi.

Dalam kesempatan ini, Forum TBM Kabupaten Bogor pun menyepakati untuk menggelar ngobrol santai setiap bulan. Di samping terus menambah energi untuk menggerakkan aktivitas di taman bacaan masing-masing. Karena sejatinya, tidak ada kompetisi di taman bacaan. Tapi yang ada adalah kolaborasi. Sehingga nantinya, setiap taman bacaan akan menemukan jalannya sendiri. Salam literasi #FTBMKabBogor #NgobrolSantaiPegiatLiterasi #ForumTamanBacaan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan