Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 34 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor serta penasehat Forum TBM Kab. Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Apa Ada Hunian Ideal di Bogor?

1 Agustus 2021   14:38 Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:40 83 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Ada Hunian Ideal di Bogor?
Sumber: Perumahan Puri Lakshita

Ada Gak Sih Hunian Ideal di Bogor? Pertanyaan itu menggelitik banyak orang.

Karena perumahan atau hunian ideal pasti jadi dambaan semua orang, semua keluarga. Maklum, rumah atau tempat tinggal itu adalah tempat bermukim sehari-hari. Maka penting harus cari yang nyaman dan menyenangkan. Alias bikin betah bila sudah ada di rumah. Apalagi di saat pandemic Covid-19 seperti sekarang. Saat kita harus work from home (WFH) atau anak-anak disuruh belajar dari rumah.

Maka ada gak sih hunian ideal di Bogor?

Jawabnya ada. Yaitu di Perumahan Puri Lakshita di Desa Tajurhalang Kab. Bogor, dekat dengan Situ Tonjong. Bertekad untuk menjadikan hunian ideal, warga Puri Lakshita terus dan terus ikhtiar memperbaiki lingkungannya. Berkat kekompakan dan kebersamaan di antara warga, Puri Lakshita terus bahu-membahu wujudkan hunial ideal. Hunian yang jadi idaman banyak keluarga. Seperti dalam video ini, segenap warga bergotong-royong menyambut Hari Kemerdekaan RI dengan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul (https://www.youtube.com/watch?v=LPJuDLf7TqY).

Sekalipun warganya bukan orang berpangkat atau punya jabatan, mereka tetap Bersatu padu untuk menciptakan lingkungan yang asri dan nyaman. Banyak hal-hal sebagai syarat hunial ideal sangat diperhatikan. Agar warganya betah dan nyaman saat tinggal di Puri lakshita. Mulai dari sistem keamanan, iuran, penghijauan hingga penerangan wilayah. Dengan iuran warga Rp. 50.000 per bulan, dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk 1) membayar 2 petugas jaga malam dan menyalakan-mematikan lampu penerangan, 2)  pemasangan lampu penerangan sederhana di 25 titik, 3) pembabatan awal rumput perumahan, 4) pengerjaan pengerukan saluran air, 5) penanaman pohon buah di setiap fasum, 6) penanaman pohon kelapa di tanah perbatasan perumahan, 7) pembuatan tahap awal untuk taman bermain anak, 8) pembuatan nama "Perumahan Puri Lakshita", 9) pembuatan saung untuk Pos Siskamling, 10) pembuatan lapangan Badminton sederhana, 11) pembelian alat alat kebersihan, dan 12) membeli 136 umbul umbul untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Alhasil, tingkat hunian Perumahan Puri Lakshita terus meningkat. Hingga saat ini sudah mencapai 43%. Sudah 39 rumah dihuni dari 90 unit rumah yang ada. Di bawah Ketua Paguyuban Warga Puri Lakshita, Syarifudin Yunus dan didampingi Waryana (Wakil Ketua), Susilo (Sekretaris) dan Hendri (Bendahara), warga selalu menjalin komunikasi. Di samping menjaga harmoni dalam menciptakan hunian yang ideal buat semua. Untuk diketahui,  Puri Lakhsita kali pertama dihuni pada tahun 2016.

Tentu, untuk mendapatkan hunian ideal tidaklah mudah. Karena ideal atau tidaknya sebuah lingkungan tergantung bagaimana warga yang ada di wilayahnya membentuk kebiasan atau budaya lingkungan. Mulai dari merawat lingkungan, bersosialisasi hingga menata kebersihan dan keamanan lingkungan. Dan Puri Lakshita sudah membuktikannya. Hunian ideal bukan hanya cerita tapi nyata.

Maka, jangan salah memilih tempat tinggal atau perumahan. Tapi di Kabupaten Bogor pasti ada perumahan ideal untuk Anda dan keluarga. Seperti yang terjadi di Perumahan Puri Lakshita. #LiterasiPerumahan #PuriLakshita #PuriLakshitaBogor

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN