Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ngalap Berkah Ramadan, Anak-anak TBM Lentera Pustaka Rampungkan Khataman ke-4

8 Mei 2021   22:44 Diperbarui: 8 Mei 2021   23:08 48 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngalap Berkah Ramadan, Anak-anak TBM Lentera Pustaka Rampungkan Khataman ke-4
Sumber: TBM Lentera Pustaka

Ngalap berkah ramadan, anak-anak TBM Lentera Pustaka berhasil merampungkan khataman Al Quran ke-4 pada Sabtu, 8 Mei 2021. Berbalut hujan cukup deras, bertajuk "NgabubuREAD Ramadan Ceria", sekitar 60 anak-anak pembaca aktif dengan antusias menuntaskan surat terakhir An-Naas sebagai tanda khataman. Khataman Alqutan digelar TBM Lentera setiap hari Sabtu, sebagai sarana pembentukan akhlak anak-anak, di samping mengoptimlakn inadah dan aktivitas positif selama bulan puasa.  

Sekalipun bukan santri, anak-anak TBM Lentera Pustaka sepanjang bulan Ramagan dibiasakan untuk membaca buku di taman bacaan, di sampung tadarusan. Dalam kesempatan ini, Syarifudin Yunus selaku Pendiri Pendiri TBM Lentera Pustaka pun menyampaiakn "tausiyah literasi" yang menekankan pentingnya keseimbangan urusan lahir dan batin dalam hidup. Anak-anak diajak untuk selalu membaca buku di taman bacaan, di samping selalu menjalankan ibadah sesuai perintah Allah SWT.

Seusai khataman, seluruh anak pun disediakan takjil buka puasa sebagai motivasi atas capaian khataman Al Quran. Kali ini, TBM Lentera Pustaka pun menyalurkan bingkisan lebaran kepada relawan, ibu-ibu Gerakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA) dan warga sekitar sebagai bentuk kepedulian sosial taman bacaan terhadap lingkungan sekitar.

Di saat yang sama santunan kepada 16 anak iatim binaan pun diserahkan untuk menyisipkan senyum kepada mereka di hari raya Idul Fitri 1442 H. Rangkaian acara NgabubuREAD ini ditutup dengan pembacaan doa.

Agar TBM Lentera Pustaka dan anggotanya, serta orang-orang baik yang mendukung diberi sehat wal afiat dan keberkahan dalam hidup, Anak-anak pun diimbau untuk tetap rajin membaca untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Khataman Alquran TBM Lentera Pustaka ini menegaskan pentingnya mengaji di kalangan anak-anak, di stengah gempuran era digital sebagai sarana untuk memperkuat karakter dan akhlak. Selain ilmu yang penting, sedari dini anak-anak perlu diajarkan pentingnya adab dan akhlak dalam kehidupan.

Karena berkah, bukan hanya diperoleh dari ikhtar belajar. Namun haris ditopang oleh akhlak yang baik, khususnya dalam menebar pikiran dan perilaku baik kepada orang lain. NgabubuREAD merupakan program kegiatan TBM Lentera Pustaka yang digelar selama bulan puasa. Dan hasilnya, anak-anak mampu khatam 4 kali selama bulan puasa.

Secara khusus, khataman Alquran anak-anak TBM Lentera Pustaka juga mendoakan agar bangsa Indonesia segera dipulihakn dari pandemi Covid-19, di samping diberikan keberkahan setelah berakhirnya ramadan. Anak-anak dapat Kembali belajar dan sekolah dengan aman, dan orang tua mereka dapat bekerja kembali dengan nyaman. Meraih rezeki Allah SWT.   

Syarifudin Yunus selaku Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam tausiyah literasi-nya pun mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas akhlak. Agar mereka berhasil meraih kemenangan dalam bentuk kebaikan akhlak setelah bulan puasa. Dan untuk itu semua diperlukan ikhtiar baik yang speenuh hati. Lalu ditutup dengan doa untuk meraih ridho Allah SWT.

Karena doa pula dapat mengubah keadaan suatu kamu, mengubah peradaban menjadi lebih baik. Salam literasi. #NgabubuREAD #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN