Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jangan Banyak Mengeluh, Katakan "Siapp!"

15 Oktober 2020   06:39 Diperbarui: 15 Oktober 2020   06:49 121 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Banyak Mengeluh, Katakan "Siapp!"
Sumber: Pribadi

Banyak orang, kalau lagi ngomong atau chat pakai kata "siap". Seakan-akan gak ada kata lain. Dikit-dikit jawabnya siap. Apa-apa siap. Dikit-dikit siap. Semuanya siap.

Bahkan saking gak mau repot. Saat dibalas chat yang panjang. Atau dikasih penjelasan berkalimat-kalimat pun. Akhirnya cuma dijawab "siap". Begitulah siap...

 

Pak Polisi yang bilang, "siap 86". Tanda anggota berarti "siap menerima perintah" atau sangat mengerti. Di TV sekarang juga ada acara "Siap 86". Acara tentang upaya polisi untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.



Menurut KBBI, kata siap berarti: 1) sudah disediakan; 2) sudah selesai; 3) sudah bersedia. Di dalam "siap" itu ada makna berproses, ada perbuatan, dan ada solusi. Nah, apakah kita sudah benar-benar siap?

Maka sudah seharusnya, siapapun harus 'siapp!". Siap bekerja, siap menjalankan perintah, siap membangun negara, siap untuk menerima realitas hidup. Siap untuk bekerja sama. Siap untuk menanggung risiko apapun. Bahkan saat tidak bekerja lagi pun harus siap. Siap di masa pensiun.

Jadi, jangan banyak mengeluh, jangan juga bingung. Mulailah hidup dengan penuh optimisme. Maka, untuk urusan apapun bilang saja "Siapp!"....

VIDEO PILIHAN