Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

ADRI Gelar Webinar Internasional Pengembangan Karier Dosen dan Pentingnya Kampus Jalin Kerjasama

27 Juni 2020   08:14 Diperbarui: 27 Juni 2020   08:04 310 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
ADRI Gelar Webinar Internasional Pengembangan Karier Dosen dan Pentingnya Kampus Jalin Kerjasama
Sumber: ADRI

Upaya pengembangan karier dosen harus terus ditingkatkan. Sekaligus untuk menjaga kualitas pengajaran di perguruan tinggi. 

Agar kampus mampu menjadi sentra tradisi akademis. Bahasan itu tercermin dalam webinar internasional bertajuk "Career Development of Lecturers in Universities and Indonesian-American International Cooperation",  yang digelar oleh UMAHA - ADRI -- PBNU - University of Texas at San Antonio-USA pada Sabtu (27/6/2020). Diikuti 917 peserta dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia, USA, dan Mesir.

Menampilkan pembicara: 1) Dr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd (Rektor UMAHA/Presiden ADRI), 2) Dr. M. Sofwan Effendi (Direktur Sumber Daya Dikti Depdikbud), 3) Dr. Hanif Saha Ghafur (Ketua PBNU), dan 4) Zainal Abidin, Ph.D. (Adjunct Professor - University of Texas at San Antonio-USA) dengan moderator: Mr. Dimas - (USA).

Sekalipun di tengah wabah Covid-19, antusiasme peserta webinar internasional ini menjadi bukti akan pentingnya insan oerguruan tinggi untuk terus-menerus melakukan pengembangan karier dosen di universitas dan memperkuat kerjasama internasional utamanya Indonesia-Amerika. Untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. 

Karena ke depan, perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan yang tidak kecil, seperti implementasi kampus merdeka dan adaptasi terhadap iklim revolusi industri 4.0.

Setiap dosen diharapkan dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma perguran tinggi yang menjadi tanggung jawabnya. 

Portofolio tridarma inilah nantinya dapat dipakai untuk proses-proses pengembangan karier dosen, baik secara akademis maupun profesional. Sehingga ke depan, karier dosen sebagai jabatan fungsional akan terus meningkat.

Di sisi lain, perguruan tinggi pun dipandang perlu memperkuat Kerjasama internasional. Seperti yang diinisasi ADRI (Ahli dan Dosen Republic Indonesia) dengan para dosen Indonesia di USA. 

Dalam kesempatan ini pula dikukuhkan Pengurus DPI ADRI USA yang terdiri dari: Prof. Etin Anwar Ph.D., Prof. Dr. Zainal Abidin, Dr (cand) AHabibi, dan Dr. (cand) Dimas Iqbal. 

Melalui Kerjasama internasional, nantinya kampus diharapkan dapat menjawab tantangan dinamika peradaban dunia dan teknologi serta memenuhi kebutuhan dunia pekerjaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN