Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

7 Tips Mahasiswa S3 Hadapi Ujian Akhir Semester

10 Oktober 2019   16:12 Diperbarui: 10 Oktober 2019   16:23 166 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Mahasiswa S3 Hadapi Ujian Akhir Semester
dokumen pribadi

Bisa jadi, Ujian Akhir Semester (UAS) paling ditakuti mahasiswa. Maklum, karena tiap ujian harus menjawab beragam pertanyaan yang belum tentu dikuasai mahasiswa. Bahkan belum tentu ada di materi perkuliahan. 

Selain penguasaan terhadap materi, sebenarnya mahasiswa jangan menganggap remeh sikap mental yang kokoh dalam menghadapi Ujian Akhir Semester. Apapaun mata kuliahnya, seberapapun materinya dikuasai. 

Satu hal yang tidak boleh hilang, yaitu sikap mental yang positif dan rileks dalam menghadapi UAS. Karena jangankan mahasiswa, manusia yang lain pun pasti punya ujian dalam hidupnya.

Ujian Akhir Semester, setatutnya jangan jadi momok buat mahasiswa. Hadapilah UAS dengan rileks dan pikiran yang terbuka. Karena kuliah adalah proses. Proses menikmati perkuliahan baik paham atau tidak paham, proses menjawab ujian ketika harus UTS/UAS, bahkan proses untuk menulis skripsi/tesisi/disertasi sebagai syarat kelulusan.

Maka dibutuhkan trik dalam menghadapi UAS. Agar tidak stress, tidak pusing. Trik itulah yang dilakukan Mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan (MP) Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) kelas 2018 KS2 yang hari ini mengikuti UAS mata kuliah 1) Pengambilan Keputusan dan 2) Metodologi Penelitian II pada Kamis, 10 Oktober 2019 di Kampus Unpak Bogor.

Trik-nya adalah mereka menjadikan ujian akhir semester sebagai aktivitas yang menyenangkan dan tetap antusias. Sekalipun menulis 4 lembar di lembar jawaban, hati dan pikirannya selalu senang. Bahkan raut wajah sekitar 23 mahasiswa tetap sumringah. Semua itu karena senang. Apapun bila sudah senang pasti bisa dikerjakan dan dituntaskan.

"Kami sekelas menerapkan metode BENANG alias BElajar dengan seNANG. Sekalipun lagi UAS, kami tetap senang menjawab soal walau berbentuk esai. UAS itu hanya "jembatan" bagi kami untuk menuntaskan kuliah. Agar bisa jadi doctor pada tahun 2021" ujar Syarifudin Yunus, salah satu Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak sesuai mengikuti UAS.

Adapun tips mahasiswa S3 yang menyenangkan dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) versi mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak adalah sebagai berikut:

1. Saling berkoordinasi tentang materi perkualiahan yang menjadi bahan.

2. Saling menguatkan sambil belajar bersama rekan sekelas untuk berdiskusi.

3. Baca sepintas sebelum UAS materi perkuliahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x