Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

CSR Jangan Hit and Run

10 Juni 2019   21:37 Diperbarui: 10 Juni 2019   21:43 0 0 0 Mohon Tunggu...
CSR Jangan Hit and Run
dokpri

Corporate Social Responsibility (CSR) bagi korporasi bukan hanya penting tapi wajib. Sebagai bukti kepedulian sosial dalam memberdayakan masyarakat yang tidak mampu, dari segala ukuran.

Karena itu, CSR jangan hit and run; kasih lalu pergi.

Patut direnungi untuk korporasi. CSR Jangan HIT and RUN.
Menebar kebaikan lalu pergi. Selesai. Tanpa dipantau bahkan ditindaklanjuti. CSR sekecil apapun, apalagi yang besar harus didasari komitmen, konsistensi, dan berkelanjutan. Sehingga ada dampak positif dari kepedulian sosial yang diberikan. CSR bukan hanya seremoni apalagi event semata. Tapi CSR harus dapat diukur, berdampak nyata bagi masyarakat, dan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat-nya.

Terima kasih tak terhingga kepada CHUBB LIFE, AJ TUGU MANDIRI, & P-DPLK yang telah menjadi SPONSOR CSR KORPORASI Tahun 2019 TBM Lentera Pustaka. Berkat partisipasi dan sinergi mereka, aktivitas meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah serta edukasi literasi keuangan di TBM Lentera Pustaka berjalan lancar hingga Mei 2019 ini. Insya Allah sampai Desember 2019 nanti.

Karena faktanya hari ini. Akibat CSR Korporasi di TBM Lentera Pustaka telah berhasil mengukri catatan kemajuan sebagai berikut:

  • Ada 62 anak pembaca aktif saat ini, padahal sebelumnya mereka tidak memiliki akses buku bacaan karena memang tidak ad ataman bacaan.
  • Rata-rata per anak mampu membaca 5-10 buku per minggu, sebuah tradisi baca yang luar biasa untuk ukuran anak-anak kampung yang selama ini tidak punya kebiasaan membaca.
  • Koleksi buku mencapai 3.300 buku bacaan yang membuat anak-anak semangat membaca dan mau datang ke taman bacaan.
  • Jam baca 3 kali seminggu sudah menjadi kebiasaan anak-anak kampung untuk membaca pada tiap Rabu-Jumat-Minggu, sambil belajar memahami isi bacaan.
  • Selalu ada "event bulanan" dengan menghadirkan "tamu dari luar" untuk berbagi pengetahuan, motivasi atau keterampilan sekaligus menjadi ajang "pesta jajanan kampung gratis" untuk anak-anak yang gemar membaca di taman bacaa.
  • Bahkan kini, TBM Lentera Pustaka telah dipilih menjadi 1) tempat riset 4 mahasiswa tentang taman bacaan, 2) aksi komunitas relawan peduli sosial dari Unindra, IPB, dan Nurul Fikri Boarding School, dan 3) menjadi narasumber acara Halo Indonesia DAAI TV bertajuk "Literasi yang Menyenangkan".

Memang belum banyak CSR Korporasi diberikan ke Taman Bacaan.

Namun bercermin dari CSR Korporasi yang dilakukan Chubb Life, AJ Tugu Mandiri, dan Perkumpulan DPLK di tahun 2019 secara berkelanjutan dalam jangka setahun, terbukti mampu meningkatkan tradisi baca anak-anak kampung usia sekolah. Sehingga mampu menekan angka putus sekolah di wilayah tersebut. Karena CSR Korporasi mampu memberikan harapan yang lebih baik kepada anak-anak dan masyarakat yang kurang beruntung, bahkan mungkin tidak terperhatikan selama ini.

Taman bacaan memang kecil lagi biasa. Tapi dampak sosial dan pendidikannya sangat besar dan luar biasa. Teruskan ubah niat baik jadi aksi nyata ...

Sekali lagi, terima kasih kepada Sponsor CSR Korporasi Tahun 2019 TBM Lentera Pustaka. Semoga menjadi ladang amal bagi korporasi Anda dan mejandi berkah yang melimpah, amiin. CSR jangan hit and run ...

Kami menyebutnya "SINERGI UNTUK MEMBAIKKAN ANAK-ANAK USIA SEKOLAH"... tabik #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi #CSR

dokpri
dokpri