Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

5 Kesalahan yang Bikin Kamu Merana di Masa Pensiun

1 Oktober 2018   21:03 Diperbarui: 1 Oktober 2018   21:36 870 2 1 Mohon Tunggu...

Apa yang akan kamu lakukan saat pensiun nanti?

Pengen jalan-jalan dan liburan. Atau menikmati hari tua sambil menggendong cucu. Atau bisa jadi, memperturutkan gaya hidup seperti waktu belum pensiun. Wow keren, itu semua namanya masa pensiun yang sejahtera. Alhamdulillah, semoga saja terlaksana ya. Masa bekerja oke apalagi masa pensiun dong ...

Cuma faktanya, justru berbeda. Hampir 90% pekerja hari ini sama sekali tidak siap untuk pensiun. Bahkan 93% dari mereka sama sekali tidak terbayangkan mau ngapain di masa pensiun. Maka wajar, masa pensiun selalu menjadi waktu yang "menakutkan" bagi banyak pekerja. Tidak sedikit pekerja yang khawatir akan masa pensiunnya. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Jawabannya sederhana. Karena mereka tidak pernah atau tidak mau mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Masa pensiun dianggapnya hanya "mimpi", pengen begini pengen begitu. Tapi sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak mempersiapkan "apa yang harus dilakukan" untuk meraih masa pensiun yang sejahtera. Jalan-jalan atau rekreasi, menggendong cucu atau bergaya hidup itu butuh biaya. Hanya masa pensiun yang sejahtera-lah yang dapat menjadikan seseorang tenang dan nyaman menjalani masa pensiunnya.

Apapun bentuknya, kesenangan dan kenyamanan masa pensiun tidak ada yang gratis. Masa pensiun, sangat membutuhkan biaya. Sementara kita sudah tidak bekerja lagi. Lalu, dari mana uang untuk membiayai hidup selama pensiun? Patut diingat, persoalan utama pekerja di masa pensiun adalah masalah keuangan, masalah finansial. Bila sampai hari ini, kita termasuk orang yang meremehkan masa pensiun dan tidak mau "menabung" untuk masa pensiun, bisa dipastikan masa pensiun kita merana.

Banyak orang urusan pensiun bilangnya nanti saja. Saat masih muda, usia 20-30 tahun selalu berpikir masa pensiun masih lama. Tapi saking sibuknya dalam bekerja, tidak terasa sebentar lagi masa pensiun tiba. Apa yang terjadi? Banyak orang "terlambat" mempersiapkan masa pensiun. Pensiun itu bukan gimana nanti, tapi nanti gimana?

Masa pensiun merana, masa pensiun sengsara. Tidak ada satupun orang yang mau masa pensiunnya menderita. Tapi tahukah Anda? Inilah 5 kesalahan yang bikin kamu merana di masa pensiun.

1. Terbuai gaya hidup

Gak sedikit orang sekarang gandrung pada gaya hidup. Bermewah-mewahan atau biar terlihat mewah. Gaya hidup itu membuat biaya tinggi. Bahkan gak jarang jadi "lebih besar pasak daripada tiang". Terbuai gaya hidup sangat berpotensi bikin hidup kamu merana di masa pensiun.

2. Terlilit hutang

Gak sedikit orang makin susah hidupnya gara-gara hutang. Apapun keadaannya, hutang bukanlah solusi. Karena hutang bikin ekonomi sulit, bahkan terbebani secara mental. Maka gak aka nada orang ang bisa mempersiapkan dana pensiun bila sibuk membayar hutang. Terlilit hutang pasti bikin kamu merana di masa pensiun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN