Mohon tunggu...
Syarieful Khuluq
Syarieful Khuluq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Universitas Diponegoro

Mahasiswa Manajemen Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Gencarkan Sosialisasi Protokol Isolasi Mandiri

1 Agustus 2021   13:30 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:41 68 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Gencarkan Sosialisasi Protokol Isolasi Mandiri
Mahasiswa KKN Undip Gencarkan Sosialisasi Protokol Isolasi Mandiri

Kauman, Pekalongan (1/8) – Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih cenderung tinggi hingga saat ini. Mudahnya penularan virus Covid-19 yang menyebabkan tingginya jumlah kasus positif Covid-19, hal ini membuat fasilitas Kesehatan tidak mampu menampung semua pasien covid-19. Perbandingan antara jumlah fasilitas Kesehatan yang tersedia dengan jumlah kasus positif yang sangat besar membuat pasien yang memiliki gejala ringan dan sedang diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.           

Berdasarkan data statistik, jumlah kematian covid-19 di Indonesia masih cenderung tinggi dan jumlah kematian saat melakukan isolasi mandiri juga tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami secara betul mengenai tata cara melakukan isolasi mandiri yang baik dan benar. Berdasarkan data yang ada jumlah kasus positif covid-19 cukup tinggi dengan beberapa kasus kematian. Oleh sebab itu, pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang “Bagaimana Protokol Isolasi Mandiri yang Baik dan Benar”.

Hal inilah yang membuat saya Syarieful Khuluq Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021 berinisiatif untuk melakukan sosialisasi tentang Protokol Isolasi Mandiri yang baik dan benar di Kelurahan Kauman, Kota Pekalongan. Program dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan covid-19 dan mengurangi resiko yang fatal bagi pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Program ini sosialsasi ini dilakukan pada tanggal 21-26 Juli 2021 dengan melakukan kegiatan edukasi melalui X-Banner kepada warga Kauman RT 05 RW 06 dan juga berupa video yang diunggah di channel youtube penulis. Berbagai tanggapan yang muncul dari masyarakat seperti bingung karena baru tau  tentang protokol isolasi mandiri dan senang karena ada yang melakukan sosialisasi tentang protokol isolasi mandiri ini.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi tentang protokol isolasi mandiri, jumlah kasus positif covid-19 bisa menurun dan jumlah kasus kematian akibat covid-19 juga menurun. Oleh sebab itu pentingnya menjaga Kesehatan diri dan Kesehatan keluarga serta lingkungan sekitar dengan mematuhi protocol-protokol yang ada sehingga bisa terhindar dari virus covid-19.

Penulis : Syarieful Khuluq (Manajemen 2018)

DPL        : Nissa Kusariana, S.KM., M.Si.

 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x