Mohon tunggu...
Syantika
Syantika Mohon Tunggu... Freelancer - Ayo menulis

Menulis ternyata asyik

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Setelah Pensiun, Ngapain Ya?

3 Desember 2021   09:54 Diperbarui: 9 Desember 2021   15:00 1827
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menikmati hari-hari pensiun dengan bahagia | Sumber: shutterstock

Dalam satu tahun ke depan ini, saya akan memasuki masa pensiun. Selanjutnya, dalam ruang yang sangat terbatas ini, saya akan menceritakan isi hati saya, menghadapi masa pensiun yang misterius itu. Kenapa misterius? 

Karena sepengetahuan saya, banyak orang yang akan memasuki masa pensiun mulai bingung, tentang keadaan seperti apa kehidupan setelahnya.

Tentang hal ini, para bijaksana dalam berbagai cerita, berita, maupun fakta menyatakan bahwa masa pensiun itu bagaikan mata uang dengan dua sisi: sisi suram dan sisi terang.

Para pembaca yang budiman, sebelum melanjutkan curhat ini, perkenankan saya memperkenalkan diri secara singkat. 

Saya ini seorang perempuan setengah baya yang beruntung menjadi pegawai di Kementerian Keuangan. 

Saat ini saya diberi kepercayaan sebagai Kasubbag Keuangan, pada Kantor Wilayah DJPB Provinsi Kalimantan Tengah.

Secara umum kantor saya mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan, supervisi, asistensi, bimbingan teknis, dukungan teknis, monitoring, evaluasi, analisis, kajian, penyusunan laporan, dan pertanggung jawaban di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Tugas saya tersebut sangat membutuhkan ketelitian, sebab berhubungan dengan masalah keuangan. Namun jangan sangka saya punya banyak uang ya, sebab uang negara yang saya kelola hanya dalam bentuk hitungan angka-angka saja. 

Uang negara tersebut secara fisik dipegang oleh staf bendahara, yang bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan untuk melaksanakan tugas menyimpan, membayar dan membukukan serta mempertanggungjawabkan keuangan di kantorku.

Saya bekerja menjadi pegawai di Kementerian Keuangan sejak berumur 19 tahun dan saat ini memasuki usia 58 tahun, pada bulan Desember ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun