Mohon tunggu...
Sukarja
Sukarja Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Pemulung kata-kata. Pernah bekerja di Kelompok Kompas Gramedia (1 Nov 2000 - 31 Okt 2014)

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Wacana Presiden Tiga Periode, Cuma 'Prank' buat Jokowi atau Memang Ada yang Ditakuti?

16 Maret 2021   13:32 Diperbarui: 16 Maret 2021   15:27 282 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wacana Presiden Tiga Periode, Cuma 'Prank' buat Jokowi atau Memang Ada yang Ditakuti?
Ilustrasi cover buku

Beberapa waktu belakangan ini, kita disuguhkan banyak pemberitaan dan juga wacana yang berkembang mengenai usulan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kepemimpinnanya hingga tiga periode. 

Tentu saja wacana ini begitu menggelitik banyak orang. Mereka yang selama ini berada di barisan pendukung Jokowi tentu saja "berharap" wacana ini bisa terealisasi. 

Sebaliknya, mereka yang  selama dua periode ini memilih tidak mendukung Jokowi, melakukan penolakan sekeras-kerasnya. Bahkan, Haikal Hassan sosok yang dikenal dekat dengan eks ormas Front Pembela Islam (FPI), melalui akun twitternya  menyindir dengan menyebutkan Pak Jokowi sebaiknya jadi presiden seumur hidup saja.

Bukan hanya Haikal Hassan, Mantan Ketua MPR RI, yang juga Penasehat DPP Persaudaraan Alumni 212, Amien Rais bahkan sampai menuding adanya skenario Jokowi 3 Periode

Tudingan pendiri Partai Ummat yang juga mantan politisi PAN ini disampaikannya melalui channel YouTube. 

Lebih lanjut, kata Amien Rais, skenario masa jabatan tiga periode presiden itu akan diusulkan dalam sidang istimewa. 

Lebih jauh, dalam video ini Amien Rais juga menyinggung pemerintahan Jokowi ingin menguasai lembaga tinggi. Waduh, Mbah!


Apa-apa yang disampaikan, baik oleh Haikal Hassan maupun Amien Rais, dan juga tokoh-tokoh lainnya mengenai kemungkinan adanya skenario jabatan jabatan 3 periode untuk Jokowi, sudah dibantah oleh Presiden Jokowi sendiri. 

Jokowi mengacu pada undang-undang Dasar 1945 yang mengatur masa jabatan presiden selama dua periode, dan tentunya menurut Jokowi, itu harus dipatuhi.

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama," tuturnya, seperti dikutip FIN.co.id (16/3/2021).

Jika kita mau mencermati, wacana Jokowi Tiga Periode ini, seperti pernah juga terjadi di masa Presiden Soeharto. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan