Mohon tunggu...
Sukarja
Sukarja Mohon Tunggu... Freelancer untuk penulisan dan desain grafis

Pemulung kata-kata. Pernah bekerja di Kelompok Kompas Gramedia (1 Nov 2000 - 31 Okt 2014)

Selanjutnya

Tutup

Film

Siapa Hanum, Orang Lebih Kenal Ahok, Lihat Rekam Jejak!

13 November 2018   08:35 Diperbarui: 13 November 2018   10:18 0 3 1 Mohon Tunggu...
Siapa Hanum, Orang Lebih Kenal Ahok, Lihat Rekam Jejak!
Ilustrasi Film Hanum & Rangga dan A Man Called Ahok/sumber: Tagar.id

Dua film karya anak bangsa 'Hanum & Rangga' dan 'A Man Called Ahok' yang tayang secara bersamaan di bioskop, akan bersaing ketat dalam merebut jumlah penonton.

Keduanya rilis berbarengan di layar lebar sejak 8 November lalu. Publik seakan diberikan dua tayangan terbaik, yang bisa dijadikan teladan layaknya 'pahlawan' zaman now!

Namun, jika ternyata film 'A Man Called Ahok' lebih banyak dipilih penonton, jangan sampai hal itu dianggap sebagai politisasi menjelang kontestasi pileg dan pilpres 2019. 

Ahok, panggilan akrab dari Basuki Tjahaja Purnama adalah mantan Gubernur DKI Jakarta yang terperosok ke penjara karena ucapannya yang ditafsirkan secara berbeda, yang sekaligus dimasifkan dengan demo berjilid, yang seakan-akan dunia akan hancur jika Ahok tak dipenjara. 

Dengan segudang prestasi dan sikap tegasnya menolak uang haram, bahkan yang subhat sekalipun, membuat namanya tak lekang ditelan jeruji besi.

Lain halnya yang terjadi pada film 'Hanum & Rangga', dimana seruan dari DPP Partai Amanat Nasional (PAN) kepada para kadernya untuk memfasilitasi nonton bareng, seakan politik sudah memasuki gedung-gedung bioskop. 

Tak cukup disitu, sang produser yang tak lain putri Ketua Dewan Pembina PAN Amien Rais, meminta pihak Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk mengajak mahasiswanya menonton film yang mengisahkan kisah romantis caleg PAN untuk DPRD Yogyakarta ini dengan suaminya.

Surat Hanum ke Rektor UMS/TribunNews.com
Surat Hanum ke Rektor UMS/TribunNews.com
Pujian hingga nyinyiran diterima kedua film tersebut, karena publik mengaitkan film tersebut dengan situasi politik di Tanah Air. Keduanya memang dianggap mewakili dua kubu yang politik yang ada.

Entah apa yang bisa diambil manfaatnya dari film yang diadaptasi novel karya Hanum Rais tersebut, selain kisah seorang anak pejabat  Indonesia yang kebetulan ikut suaminya yang tengah belajar di luar negeri.

Bisa dikatakan wajar dan juga lumrah, Film 'A Man Called Ahok' ternyata mendapatkan respons positif dari publik sejak hari pertama tayang 8 November lalu. Jumlah penontonnya yang cukup besar. 

Melalui akun twitternya, Ahok mengucapkan rasa terima kasihnya bagi mereka yang sudah menonton, dan juga mengajak  mereka yang belum menikmati film tersebut.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x