Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Guru yang suka menulis dan berbagi kebaikan lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lionel Messi Cetak Sejarah Sepanjang Masa di Copa America 2024

22 Juni 2024   15:58 Diperbarui: 22 Juni 2024   16:00 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lionel Messi Kapten Argentina saat memenangi Copa America 2021 (Bola.com)

"Lionel Messi Catat Rekor Baru di Copa America 2024, Argentina Raih Kemenangan 2-0 atas Kanada" (Ahmad Syaihu)

Lionel Messi, kapten Timnas Argentina, mencetak sejarah baru dengan menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Copa America sepanjang masa setelah dimainkan pada matchday pertama Copa America 2024. Dalam pertandingan tersebut, Argentina berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Kanada di Stadion Mercedes-Benz, Jumat, 21 Juni 2024.

Argentina, yang bertanding melawan Kanada pada laga pembuka Grup A, sempat mengalami kebuntuan di babak pertama. Namun, di babak kedua, mereka berhasil mencetak dua gol melalui aksi Julian Alvarez dan Lautaro Martinez, memastikan kemenangan dengan skor 2-0. 

Kemenangan ini memperkuat status Argentina sebagai salah satu favorit juara turnamen tersebut. Selain itu, pertandingan ini juga mengukuhkan status Lionel Messi sebagai legenda sepak bola sejati dengan rekor baru yang dicatatnya.

Lionel Messi tampil istimewa dalam laga melawan Kanada. Meskipun tidak mencetak gol, La Pulga, julukan Messi, terlibat langsung dalam kedua gol yang dicetak Argentina. Dia memulai proses gol Julian Alvarez dan memberikan assist untuk gol yang dicetak Lautaro Martinez. Dengan assist tersebut, Messi kini telah mencatatkan 18 assist sepanjang keikutsertaannya di Copa America, menjadikannya pembuat assist terbanyak dalam sejarah turnamen tersebut.

Aksi individu Lionel Messi saat laga pembuka Copa America 2024 menang 2-0 atas Canada (Bola.com)
Aksi individu Lionel Messi saat laga pembuka Copa America 2024 menang 2-0 atas Canada (Bola.com)

Rekor Messi yang Sulit dipecahkan Pemain lain di Copa America

Namun, pencapaian tersebut bukanlah satu-satunya rekor yang diukir Messi pada pertandingan ini. Ia kini telah memainkan 35 laga di Copa America, mengungguli rekor sebelumnya yang dipegang oleh Sergio Livingstone, kiper legendaris Chile, yang mencatatkan 34 penampilan. Dengan penampilan terbarunya ini, Messi semakin mengukuhkan statusnya sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Sejak debutnya di Copa America pada tahun 2007, Messi telah tampil dalam tujuh edisi turnamen ini. Dalam perjalanannya, ia telah mencetak banyak gol dan memberikan banyak assist, serta membantu Argentina meraih gelar juara pada tahun 2021. Berikut adalah statistik penampilan Lionel Messi di Copa America:

  1. Copa America 2007: 6 laga, 2 gol.
  2. Copa America 2011: 4 laga, 0 gol.
  3. Copa America 2015: 6 laga, 1 gol.
  4. Copa America 2016: 5 laga, 5 gol.
  5. Copa America 2019: 6 laga, 1 gol.
  6. Copa America 2021: 7 laga, 4 gol.
  7. Copa America 2024: 1 laga (masih berjalan).

Dengan statistik tersebut, jelas bahwa Lionel Messi tidak hanya menjadi sosok sentral bagi Argentina tetapi juga meninggalkan jejak yang mendalam di sejarah Copa America. Prestasi yang diraihnya dalam turnamen ini mencerminkan konsistensi dan dedikasinya dalam mengharumkan nama Argentina di kancah sepak bola internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun