Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Cara asik belajar ilmu ekonomi www.unand.ac.id- www.eb.unand.ac.id https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

"Help to Buy" Tapera a la Britania Raya

29 Mei 2024   07:58 Diperbarui: 29 Mei 2024   14:14 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Britania Raya (United Kingdom, UK) adalah sebuah negara berdaulat yang terdiri dari empat negara konstituen: Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Ibu kota dan kota terbesar adalah London. Britania Raya adalah sebuah negara pulau yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa, terdiri dari pulau utama Britania Raya, bagian timur laut pulau Irlandia, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Sejarah ; Awal Mula dan Zaman Kuno

  1. Pra-Sejarah dan Zaman Kuno
    • Pendudukan Awal: Pulau Britania telah dihuni sejak zaman prasejarah oleh manusia modern sekitar 30.000 tahun yang lalu.
    • Penduduk Kelt: Penduduk asli Britania adalah suku-suku Kelt yang datang sekitar abad ke-6 SM.
    • Penaklukan Romawi: Pada tahun 43 M, Romawi menaklukkan sebagian besar pulau Britania dan mendirikan provinsi Romawi, Britania, yang berlangsung hingga abad ke-5 M.
  2. Zaman Anglosaxon dan Viking
    • Kerajaan Anglo-Saxon: Setelah penarikan Romawi, pulau ini diinvasi oleh suku-suku Anglosaxon, yang membentuk beberapa kerajaan kecil seperti Wessex, Mercia, dan Northumbria.
    • Invasi Viking: Pada abad ke-9, Viking dari Skandinavia sering menyerang dan menetap di bagian utara dan timur Britania, terutama di wilayah yang dikenal sebagai Danelaw.

Abad Pertengahan

  1. Penyatuan Inggris
    • Kerajaan Inggris: Pada abad ke-10, kerajaan-kerajaan kecil mulai bersatu di bawah satu kekuasaan, yang kemudian dikenal sebagai Kerajaan Inggris.
    • Penaklukan Norman: Pada tahun 1066, William Sang Penakluk dari Normandia menaklukkan Inggris, yang membawa perubahan besar dalam pemerintahan dan budaya.
  2. Penyatuan dengan Wales dan Skotlandia
    • Wales: Pada abad ke-13, Inggris menaklukkan Wales, dan pada tahun 1536, Wales secara resmi disatukan dengan Inggris melalui Undang-Undang Penyatuan.
    • Skotlandia: Skotlandia tetap merdeka hingga tahun 1707, ketika melalui Undang-Undang Penyatuan, Inggris dan Skotlandia membentuk Kerajaan Britania Raya.

Abad Modern Awal

  1. Perang Saudara dan Revolusi
    • Perang Saudara Inggris: Pada abad ke-17, perang saudara terjadi antara pendukung Raja Charles I dan Parlemen, yang berakhir dengan eksekusi Charles I dan pembentukan Republik Inggris di bawah Oliver Cromwell.
    • Restorasi dan Revolusi Glorious: Monarki dipulihkan pada tahun 1660, dan Revolusi Glorious pada tahun 1688 mengukuhkan supremasi Parlemen atas monarki.
  2. Pembentukan Kerajaan Bersatu 
    • Irlandia: Pada tahun 1801, Kerajaan Britania Raya dan Kerajaan Irlandia bergabung membentuk Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia.
    • Revolusi Industri: Britania Raya menjadi pusat Revolusi Industri pada abad ke-18 dan ke-19, yang mengubahnya menjadi kekuatan ekonomi global.

Abad ke-20 dan Kontemporer

  1. Perang Dunia dan Dekolonisasi 
    • Perang Dunia: Britania Raya berperan penting dalam Perang Dunia I dan II, yang berdampak besar pada ekonomi dan politik dalam negeri.
    • Dekolonisasi: Setelah Perang Dunia II, Britania Raya mengalami proses dekolonisasi, melepaskan banyak wilayah kolonialnya dan membentuk Persemakmuran Bangsa-Bangsa.
  2. Pembentukan Negara Modern 
    • Pembentukan Irlandia Utara: Pada tahun 1921, sebagian besar Irlandia memperoleh kemerdekaan sebagai Negara Bebas Irlandia, sementara enam county di utara tetap menjadi bagian dari Britania Raya sebagai Irlandia Utara.
    • Uni Eropa: Britania Raya menjadi anggota Komunitas Ekonomi Eropa (kemudian Uni Eropa) pada tahun 1973, namun kemudian memilih untuk keluar melalui referendum pada tahun 2016, yang dikenal sebagai Brexit.

Perkembangan Kontemporer

Politik dan Pemerintahan

  1. Sistem Parlementer 
    • Monarki Konstitusional: Britania Raya adalah monarki konstitusional dengan sistem parlementer. Ratu Elizabeth II, yang memerintah hingga 2022, diikuti oleh Raja Charles III, adalah kepala negara.
    • Parlemen: Parlemen Britania Raya terdiri dari dua majelis, yaitu House of Commons dan House of Lords. Perdana Menteri adalah kepala pemerintahan.
  2. Desentralisasi 
    • Devolusi: Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, proses devolusi memberikan kekuasaan legislatif kepada Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, masing-masing dengan parlemen atau majelis mereka sendiri.

Ekonomi dan Industri

  1. Ekonomi Global 
    • Kekuatan Ekonomi: Britania Raya tetap menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia, dengan sektor jasa yang dominan, termasuk keuangan, pendidikan, dan kesehatan.
    • Inovasi dan Teknologi: Inovasi dalam teknologi dan penelitian terus menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi.
  2. Pasca-Brexit 
    • Hubungan Dagang Baru: Keluar dari Uni Eropa telah mendorong Britania Raya untuk membentuk hubungan dagang baru dan memperkuat kerjasama internasional di luar Eropa.

Sosial dan Budaya

  1. Multikulturalisme 
    • Keberagaman: Britania Raya adalah negara yang sangat multikultural, dengan populasi yang beragam dari berbagai latar belakang etnis, agama, dan budaya.
    • Budaya Populer: Britania Raya memiliki pengaruh besar dalam musik, film, sastra, dan seni global.
  2. Pendidikan dan Penelitian 
    • Institusi Terkenal: Britania Raya adalah rumah bagi beberapa universitas dan institusi penelitian terkemuka di dunia, seperti Universitas Oxford dan Universitas Cambridge.
    • Riset dan Inovasi: Negara ini terus menjadi pemimpin dalam bidang riset dan inovasi, terutama dalam teknologi dan ilmu pengetahuan.

Britania Raya memiliki sejarah panjang dan kaya yang telah membentuknya menjadi negara yang berpengaruh secara global. Dari awal mula perumahan feodal hingga tantangan perumahan modern, dari kerajaan dan kekaisaran hingga negara demokratis yang multikultural, Britania Raya terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Kebijakan seperti devolusi, inovasi ekonomi, dan integrasi sosial telah membantu Britania Raya menghadapi tantangan kontemporer dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

 Sejarah dan Perkembangan Perumahan di Britania Raya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun