Syaifuddin Sayuti
Syaifuddin Sayuti Karyawan swasta

blogger, kepsek Kelas Blogger, admin Blogger Reporter Indonesia (BRID), traveller, dosen. email : udin.sayuti@gmail.com twitter : @syaifuddin1969 IG: @syaifuddin1969 FB: https://www.facebook.com/?q=#/udinsayuti69 Personal blog : http://syaifuddin.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Mengintip Primadona GIIAS 2015, Grand New Avanza dan Veloz

26 Agustus 2015   07:20 Diperbarui: 26 Agustus 2015   09:01 1283 8 16

[caption caption="Grand New Veloz, Andalan Baru Toyota (foto dokpri)"][/caption]

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, yang dibuka sejak 20 Agustus masih berlangsung hingga 30 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Sejumlah stand ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) jor-joran menampilkan koleksi-koleksi terbaiknya. Ada yang menampilkan mobil balap, mobil penumpang, mobil niaga hingga mobil masa depan.

Namun yang paling membuat mata pengunjung menatap penuh arti ya stand Toyota. Pabrikan mobil dari Jepang ini sejak pameran dibuka langsung merampas perhatian pengunjung. Penyebabnya tak lain karena tema yang diusung Toyota dalam pameran ini yakni Beyond Mobility, menampilkan mobil-mobil canggih yang membuat mata tak lepas memandang.

Toyota memang memperkenalkan 3 mobil masa depannya kepada publik di GIIAS 2015. Kendaraan andalan masa depan itu adalah Mirai, kendaraan berbahan bakar hidrogen, I-road kendaraan beroda tiga berenergi listrik, serta MPV premium Alphard Hybrid.

[caption caption="Toyota Mirai, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen (foto dokpri)"]

[/caption]

Hiroyuki Fukui, managing officer Toyota Motor Corp sekaligus Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor mengatakan apa yang ditampilkan Toyota mengusung tema Beyond Mobility.

"Indonesia adalah negara penting di kawasan Asia Tenggara. Kami mendukung posisi Indonesia sebagai pemain penting di industri otomotif dengan menyuguhkan kemajuan teknologi dan layanan terbaik yang dibutuhkan pelanggan," ujar Fukio San kepada tamu undangan VIP, termasuk para blogger.

Grand New Veloz, Sporty dan Kekinian

[caption caption="Grand New Veloz (foto dokpri)"]

[/caption]

Selain menyajikan trio mobil masa depan, di GIIAS Toyota juga memperkenalkan secara resmi andalan mereka yang selama ini dikenal sebagai mobil sejuta umat, Toyota Grand New Avanza dan Veloz. Toyota Avanza selama ini memang dikenal sebagai kendaraan keluarga berkategori low MPV yang laris bak kacang goreng. Bahkan di masyarakat beredar seloroh bahwa mobil paling cepat di Indonesia adalah Avanza, karena tiap disalip maka di depan sudah ada mobil Avanza.

[caption caption="Grand New Veloz Lebih 'Cantik' (foto dokpri)"]

[/caption]

Karena banyak jumlahnya di jalanan, mobil ini memang digelari mobil paling laris.  Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Toyota Avanza sudah membukukan penjualan hingga 1.3 juta unit. Ini artinya, Avanza selalu menjadi pemimpin pasar kendaraan di kelasnya.

Dan tahun 2015 ini digunakan Toyota memperkenalkan line up baru Toyota Avanza. Jika sebelumnya Avanza punya beberapa varian termasuk Avanza Veloz, maka untuk line up terbarunya ini Veloz dijadikan brand baru yang (inginnya) terlepas dari nama besar Toyota Avanza. Mungkin ini strategi marketing baru dari Toyota memposisikan Veloz secara berbeda dari 'induknya' Toyota Avanza.

[caption caption="Grille depan Veloz lebih menawan (foto dokpri)"]

[/caption]

Grand New Veloz sepertinya bakal jadi andalan Toyota di masa datang guna menggenjot angka penjualan mobilnya. Secara tampilan Grand New Veloz lebih keren, sporty dan berkarakter. Ada empat pilihan warna yang tersedia, yakni Dark Red Mica Metallic, Black Metallic, White serta Silver Mica Metallic. Tampaknya warna-warna yang ditawarkan ini merupakan warna favorit di pasaran.

Kita cek tampilan luarnya. Grille depan yang dibuat lebih 'cakep' memperlihatkan ketegasan dan rasa PD (percaya diri). Dengan melihat tampilan tampak muka ini orang akan pangling dengan Grand New Veloz karena totally berbeda dari generasi sebelumnya. 

Desain lampu depan halogen yang baru lebih berkelas dan berkesan 'jantan'. Fog lamp juga didesain baru dengan tampilan semakin stylish. Begitu pula dengan lampu belakang yang tampilannya lebih modern dan bergaya.

[caption caption="Dashboard Sporty dan Elegan (foto dokpri)"]

[/caption]

Bagian belakang Veloz juga didesain lebih apik. Pada rear spoiler diberi tambahan lampu rem belakang yang memudahkan mobil dibelakangnya melihat saat mobil ini berhenti. Ada pula new rear reflector yang bisa memantulkan cahaya lebih baik di malam hari saat tersorot lampu.

Masuk ke kabin bagian dalam Veloz. Desain kabin secara keseluruhan sangat memanjakan penumpang. Kabinnya cukup luas dengan desain yang lebih sporty dan bergaya. 

Tampilan kabin bagian depan menunjukkan Veloz adalah mobil berkelas. Dashboard dibuat lebih mewah dan elegan. Speedometernya berukuran lebih besar dan memudahkan mata pengemudi melihat pergerakan panel-panel di dalamnya. Dan di bagian ini ada pula eco lamp indicator, lampu indikator berkendara hemat energi yang memudahkan dalam berkendara secara efisien dan maksimal.

[caption caption="Desain Belakangnya Lebih Kece (foto dokpri)"]

[/caption]

Sistem audionya pun selangkah lebih maju dari mobil sekelasnya. Di sini ada touchscreen audio system yang memudahkan pergerakan jemari pengemudi saat mencari frekuensi radio, menyalakan DVD atau memutar lagu favorit dari Ipod. Oiya, sistem audio bisa juga dikendalikan langsung dari stir pengemudi melalui tombol-tombol yang mudah dioperasikan.

Untuk mesin, Grand New Veloz menggunakan mesin baru Dual VVT-i yang memberikan pengalaman berkendara terbaik dengan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit dari sebelumnya. Selain soal performa mobil, Grand New Veloz juga peduli pada faktor keamanan bagi penggunanya. Dual SRS Air Bag menjadi fitur penting yang disediakan untuk mencegah cidera fatak saat terjadi benturan.

Selain itu bagi penumpang yang duduk di bari kedua bagian tengah juga dilengkapi sabuk pengaman. Terkait sabuk pengaman, di dashboar juga dipasang alat pengingat sabuk pengaman yang bakal memberi peringatan jika tak dikenakan sebelum berkendara. Sistem pengamanan lainnya juga tersedia di semua type Grand New Veloz, seperti ABS (Anti Lock Braking System) yang bekerja optimal saat pengereman mendadak. Side Impact Beam yang melindungi penumpang dari benturan samping. Kunci mobil juga dilengkapi sistem immobilizer yang melindungi dari pencurian.

Untuk produk terbarunya ini, Toyota juga menjamin kenyamanan di ruang kabin Grand New Veloz lebih baik dan lebih senyap dari pengaruh bebunyian dari luar mobil. Kursi di baris dua dan tiga bisa diatur sesuai keinginan. Jika tak digunakan bisa dilipat dengan mudah. Dengan segala kenyamanan tersebut, Grand New Veloz ditawarkan dalam dua varian. Type 1.3 dan 1.5. Khusus type 1.3 ada dua pilihan transmisi manual dan otomatis.

[caption caption="Spesifikasi Grand New Veloz (sumber website Toyota Astra)"]

[/caption]

Grand New Avanza, Mobil yang Fungsional 

[caption caption="Grand New Avanza, Elegan (foto dokpri)"]

[/caption]

Jika Grand New Veloz diposisikan sebagai low MPV yang sporty dan bergaya, lain dengan Grand New Avanza. Avanza yang selama ini dikenal sebagai kendaraan multiguna bagi keluarga, kini makin fungsional. Ada beberapa fitur tambahan yang menguatkan hal tersebut. 

Yang paling berbeda adalah desain kursi di baris dua dan tiga. Tak seperti generasi awal di mana kursi di baris dua meski bisa dilipat namun bentuknya masih 'besar' dan berkesan menuh-menuhin kabin. Kini kursi bisa dilipat satu persatu sesuai kebutuhan. Jika penumpang di belakang hanya seorang, sementara barang bawaan cukup banyak, maka kursi-kursi di baris dua dan tiga bisa dilipat. Otomatis barang bawaan yang bisa masuk ke dalam mobil jauh lebih banyak.

[caption caption="Butuh Ruang Penyimpanan? Lipat Kursinya (foto dokpri)"]

[/caption]

Begitu pula dengan kursi di baris tiga yang juga dapat dilipat dan tidak difungsikan sementara. Untuk menyandarkan dan melipat kursi kini juga makin mudah. Cukup dengan satu tuas yang mudah digeser maka kursi bisa dilipat sempurna. Menurut saya, ini adalah perbedaan terbesar Grand New Avanza yang paling terasa dalam hal fungsi kendaraan. Dengan fitur ini pengguna bisa menjadikan Grand New Avanza dalam setiap kesempatan, mulai dari berlibur, berbelanja, pindah rumah ataupun keperluan lain yang memerlukan ruang bagasi lebih lega.

Dengan Grand New Avanza aktivitas sehari-hari keluarga bakal lebih asyik. Tampilan keseluruhannya pun makin bergaya. Lampu depan dan belakang terlihat lebih artistik. Dashboard didesain lebih elegan. Desain kabin kini dibuat lebih nyaman dan lebih senyap. Ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman bagi semua.

Oiya hampir lupa, Grand New Avanza juga anti banjir lho. Engine hood-nya kini letaknya di atas, lebih tinggi dari versi sebelumnya. Sehingga jika mobil anda terjebak banjir tak perlu cemas bakalan mogok lantaran terendam air. Mesinnya aman bro.

[caption caption="Narsis dengan Avanza (foto dokpri)"]

[/caption]

Bagaimana dengan fitur keamanan berkendaranya? Toyota memastikan untuk Grand New Avanza sudah dilengkapi fitur-fitur seperti seat belt (sabuk pengaman) bagi 7 penumpang. Ini yang membedakan dengan yang lama. Semua penumpang terlindungi dengan maksimal, termasuk yang duduk di baris kedua di bagian tengah. Seringkali saat terjadi pengereman mendadak atau benturan mereka yang duduk di bagian ini menjadi korban paling parah sebab tak dilengkapi dengan pengaman memadai.

Mobil ini juga dilengkapi Side Impact Beam, fitur penahan benturan samping. Fitur ini akan bekerja maksimal melindungi penumpang saat terjadi benturan dari arah samping. Dengan adanya fitur ini maka penumpang di dalam kendaraan akan merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Mengintip sekilas Grand New Avanza kita seperti melihat mobil keluarga namun dengan citarasa tersendiri. Oiya buat yang beli Grand New Avanza dan Veloz di arena pameran GIIAS 2015 ada harga spesial tuh. Cepetan sebelum pamerannya kelar hari Minggu besok (30/8). Dan bagi blogger bisa ikutan lomba blognya di tautan yang saya berikan di bawah ini.

[caption caption="Spesifikasi Grand New Avanza (sumber website Toyota Astra)"]

[/caption]