Mohon tunggu...
Syaid Iqbal
Syaid Iqbal Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Freelancer yang sedang tekun-tekunnya belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency Pilihan

Esensi Rumah: Bagan Kuadran Alokasi Aset Rumah

18 Juli 2022   11:30 Diperbarui: 18 Juli 2022   11:33 80 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Model teoritis alokasi aset rumah tangga dapat ditelusuri kembali ke teori portofolio berbasis siklus hidup yang dikemukakan oleh Merton dan Samuelson. Setelah itu, model representatif adalah model alokasi aset siklus hidup tak terbatas Grossman dan Laroque yang memasukkan perumahan ke dalam model alokasi aset rumah tangga. Namun seiring perkembangan zaman, cara alokasi aset yang lebih ilmiah telah muncul.

Bagan kuadran aset keluarga adalah pendekatan alokasi aset ilmiah yang baru-baru ini populer. Ini bertujuan untuk mencapai siklus alokasi aset keluarga yang baik dengan mendiversifikasi risiko melalui alokasi aset yang wajar.

Jika disposable assets nol atau bahkan negatif, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran Anda sehingga Anda dapat memiliki surplus aset disposable sebelum mempertimbangkan alokasi aset. Jika Anda tidak dapat menentukan aset sekali pakai Anda, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi pembukuan di pasar untuk membantu mengaturnya, jadi saya tidak akan membahas detailnya di sini.

Grafik kuadran aset rumah tangga membagi aset rumah tangga menjadi empat kategori berdasarkan penggunaan dana: rekening harian, rekening sekuritas, rekening investasi dan rekening stabil, dengan empat kategori aset masing-masing menyumbang 10%, 20%, 30% dan 40%.

1. Rekening harian. 

Fungsi dasar dari rekening ini adalah untuk memenuhi pengeluaran bulanan keluarga untuk kehidupan sehari-hari, makanan, pakaian, perumahan dan transportasi, sehingga menyimpan aset fleksibel yang dapat diambil kapan saja. 

Selain pengeluaran rutin sehari-hari, perlu juga disiapkan sebagian dana cadangan darurat untuk mempertahankan kehidupan normal keluarga, seperti mengatasi pengangguran. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengalokasikan 10% dari alokasi rekening harian, dan mempertahankan modal kerja yang cukup untuk mendukung biaya hidup 3-6 bulan. 

Rekening harian adalah uang yang dapat digunakan kapan saja, yang membutuhkan likuiditas dan keamanan yang tinggi. Umumnya cocok untuk simpanan fleksibel di bank. Meskipun penghasilannya sangat rendah, itu aman dan mudah diakses.

2. Rekening Keamanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan