Mohon tunggu...
Syahwiah Rahim
Syahwiah Rahim Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 13 Kendari

Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi Mengikuti "E-Training" Guru Melek IT (Dogmit) Indonesia

8 Februari 2018   09:09 Diperbarui: 8 Februari 2018   10:13 428
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Bismillahirrahmanirrahim...

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Tugas Sebagai Seorang Guru adalah sebuah pengabdian. Kalimat itulah yang selalu saya ingat di saat saya mulai kegiatan pembelajaran. Sebelumnya saya perkenalkan diri , nama Hj. Syahwiah Rahim, salah satu guru IPA di SMP Negeri 13 Kendari.  Dilahirkan di Rappang Kabupaten Sidrap Propinsi Sulawesi Selatan 20 September 1969. Saya dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga yang sederhana tapi sangat mengedepankan pendidikan. Ayah H. Abd. Rahim dan Ibunda Hj. St. Hudaiyah, dalam mendidik anak-anaknya memiliki disiplin yang sangat tinggi dalam hal pendidikan.

Mutu pendidikan sangat ditentukan dengan kualitas yang dimiliki oleh tenaga pendidiknya sehingga seorang guru harus memiliki kompetensi. Kompetensi yang harus dimiliki adalah  kompetensi meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,  kompetensi sosial, dan  kompetensi profesional. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka saya sebagai seorang guru dituntut untuk sanantiasa memotivasi diri sendiri bahwa kompetensi yang saya miliki sangat perlu untuk selalu ditingkatkan, Salah satu cara yang saya anggap penting dalam rangka meningkatan kompetensi yang saya miliki adalah dengan cara mengikuti E-Training Guru Melek IT (Dogmit).

Dalam mengikuti E-Training Guru Melek IT ini saya dapat mengetahui hal-hal atau materi yang sebelumnya belum saya pahami dengan baik. Misalnya materi Publikasi ilmiah melalui media Kompasiana, pembuatan projek PPt Edugame, dll. Dan bagi saya materi tersebut penting untuk dipelajari karena dapat menunjang dan membantu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Yang pasti dengan pelatihan ini tentunya sangat banyak manfaatnya bagi saya sebagai guru dan juga bagi siswa saya.

Akhir kata saya bersyukur bisa mengikuti kegiatan E-Training ini dengan harapan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dapat menjalin silaturahmi dengan sahabat para guru melalui media OL, dan tak lupa ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pa Sukani sebagai fasilitator kegiatan ini. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas kita untuk mencerdaskan anak bangsa. Aamin. " Guru Mulia karena Karya ... dan Karyanya adalah memanusiakan manusia".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun