Mohon tunggu...
Syahrul Suparto
Syahrul Suparto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Tasikmalaya

membuat tugas artikel berita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik: Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi

26 Juli 2021   05:31 Diperbarui: 28 Juli 2021   20:51 68 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik: Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wabah pandemi covid-19 masih merajalela dinusantara ini banyak aktivitas mulai terbatas seperti perkantoran, ibadah, bahkan kegiatan sekolah pun mulai dilakukan secara daring. Maka dari itu orang tua merupakan pengganti guru bagi anak, maka dalam hal ini orang tua sangat pemting untuk perlu mengetahui cara yang tepat untuk mendampingi anak ketika masa pandemic covid-19.

Tentu ini menjadi sebuah tantangan baru bagi orang tua agar anak dapat belajar efektif ketika dirumah. Maka dari itu berikut ada tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mendampingi anak ketika belajar dirumah.

Membagi tugas mengajar 

Tips pertama yang bias dilakukan orang tua adalah dengan membagi tugas mengajar. Penting bagi orang tua untuk bisa membagi waktunya untuk mengajar mendampingi anaknya di sela-sela kesibukan agar bisa optimal ketika mendampingi anak dalam belajar dirumah.

Tentukan lokasi belajar

Tips yang kedua orang tua perlu menentukan lokasi belajar anak ketika dirumah agar anak anak dapat belajar dengan fokus dan maksimal, jika memungkinkan pilihlah tempat belajar yang cukup pencahayaan dan suhu ruangan yang pas agar anak-anak merasa  nyaman ketika belajar, boleh disediakan meja atau kursi sesuai dengan kebutuhan anak dan jauhkan anak anak dari benda-benda yang membuat tidak fokus seperti mainan dan televisi.

Persiapkan dana khusus kuota internet

Dengan kondisi belajar dirumah, metode pembelajaran daring sering kali menjadi solusi alternatif yang sering digunakan. Maka dari itu orang tua perlu mengalokasikan dana kuota khusus untuk belajar anak ketika dirumah agar anak tidak terhambat dalam proses belajarnya. Namun, perlu diperhatikan ketika anak diberika kuota belajar ini agar kuota tersebut dapat terpakai dengan semestinya oleh karena itu orang tua harus sering mengecek batas pemakaian kuota dan aktivitas anak ketika belajar

Pahami gaya belajar anak

Ini adalah point penting dimana orang tua harus betul-betul paham karena setiap anak mempunyai gaya belajar yang berbeda beda ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Maka dari itu orang tua harus mengamati dan memahami gaya belajar anak. Kontrol emosi dan perilaku orang tua perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi belajar anak orang tua harus lebih bersabar ketika mendampingi anak sebisa mungkin terus berikan kata motivasi agar anak selalu semangat dalam belajar, bersikaplah sebagai orang tua yang baik namun tegas, jangan terlalu sering memarahi dan mengkritik anak, jangan panggil anak dengan sebutan yang tidak baik dan yang terakhir jangan bersikap kasar/ melakukan kekerasan.

Referensi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x