Mohon tunggu...
syahrul mubarok
syahrul mubarok Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Renang dan sekarang sedang study di institut ummul quro al islami Bogor fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan prodi manajemen pendidikan islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

28 Juli 2022   17:39 Diperbarui: 28 Juli 2022   17:46 134 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Orang tua adalah orang pertama yang mengajarkan pendidikan kepada anaknya, di mulai dari belita anak-anak hingga dewasa. 

Sebagai mana yang pernah dikatakan dalam suatu hadits Nabi ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya. 

Namun pada saat ini sayangnya masih banyak orang tua yang menyerahkan sepenuhnya tentang pendidikan anak kepada sekolah. Karena dengan alasan sudah sekolah dan ada guru yang mengajar ataupun karena kesibukan kerja yang menyita waktu. 

Padahal orang tua tidak bisa terlepas dalam membimbing dan mendidik seorang anak walaupun sudah sekolah dan ada guru yang mengajar, tetapi orang tua harus tetap membimbing belajar anak dan memantau kegiatan sehari-hari anak karena diperlukan kerja sama yang harmonis demi mewujudkan kesuksesan pendidikan anak antara penyelenggara pendidikan dan orang tua.

Guru memang orang tua kedua anak ketika disekolah dan guru akan mengajar dan membimbing anak ketika disekolah, selain dari itu adalah tanggung jawab orang tua di rumah. Nah, disinilah pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak.

Peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah penting, dengan memberikan perhatian dan support yang akan membuat anak semangat belajar, apalagi pada saat ini anak-anak sudah kecanduan dengan yang namanya handphone ( hp ) yang mana dapat mempengaruhi semangat dan minat belajar anak, pasti akan membutuhkan orang tua dalam membimbing belajar apalagi anak SD yang benar-benar harus dibimbing.

Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus dilakukan orang tua diantaranya :

  • Membangun komunikasi yang baik dengan anak.
  • Senantiasa menjadi pendengar setia anak, bisa mendengar keluhan anak, kebahagiaan dan keseharian anak.
  • Berikan perhatian dan waktu kepada anak.
  • Menjadi seorang guru saat dirumah.

Dengan demikian anak akan disiplin dan memiliki semangat belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan